11 Seniman Pengabdi Seni Terima Penghargaan dari Provinsi Bali

  • 04 Juli 2019
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 2902 Pengunjung
suaradewata.com

Denpasar,suaradewata.com - Setiap perhelatan Pesta Kesenian Bali (PKB) sejak tahun 1985, pemerintah Provinsi Bali memberikan penghargaan kepada pelaku seni. Untuk PKB tahun ini, pemberian penghargaan seniman untuk Pengabdi Seni ada 11 orang.

Tujuan pemberian penghargaan sebagai bentuk perhatian dan apresiasi Pemerintah Provinsi Bali, atas pengabdian dan dedikasi para Seniman dalam pelestarian, pembinaan, dan pengembangan Seni Budaya Bali.

Proses pemberian penghargaan, didasari atas usulan dari Pemerintah Kabupaten/Kota, Lembaga Seni, lembaga pendidikan, untuk diseleksi oleh Tim Kurator dan selanjutnya ditetapkan dengan Surat Keputusan Gubernur Bali.

Penerima Penghargaan Pengabdi Seni untuk Tahun 2019 berjumlah 11 orang, diberikan piagam penghargaan dan uang masing-masing sebesar Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah).

Keberadaan Penghargaan Pengabdi Seni ini, diharapkan para seniman generasi penerus secara berkelanjutan menggelorakan semangat untuk menggali, melestarikan, membina dan mengembangkan Seni Budaya Bali yang adi luhung, serta penciptaan karya-karya seni yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

Hingga saat ini upaya yang telah di tunjukkan oleh seniman baik berwujud kreativitas maupun pembinaan telah menunjukkan hasil yang membanggakan. Hal itu ditandai dengan diakuinya sembilan tari tradisional Bali sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO pada tahun 2015 lalu. Dapat dikatakan hal ini sebagai bukti jika kesenian dan kebudayaan Bali telah memiliki derajat yang tinggi serta memperoleh pengakuan dunia internasioal.

Apresiasi ini juga terkait dengan visi pembangunan Bali yaitu NANGUN SAT KERTHI LOKA BALI dibawah pemerintahan Bapak Gubernur I Wayan Koster dan Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati.

Atas dasar tersebut pemerintah Provinsi Bali memberikan apresiasi Penghargaan kepada 11 orang Pengabdi Seni serangkaian gelaran Pesta Kesenian Bali ke XLI tahun 2019 yang mengangkat tema “BAYU PRAMANA”,Memuliakan Sumber Daya Angin.

Proses pemberian penghargaan Pengabdi Seni berdasarkan atas usulan dari Pemerintah Kabupaten/Kota yang kemudian diseleksi oleh Tim Kurator Pesta Kesenian Bali.

Mereka penerima Penghargaan Pengabdi Seni dari berbagai bidang seni ; (1) Dewa Putu Gingsir (Seniman Sastra/Badung), (2) I Nyoman Sukanta (Seniman Ukir Telor/Bangli), (3) Anak Agung Gede Ngurah Agung Pemayun (Seniman Tari dan Tabuh/Buleleng), (4) I Nyoman Suarsa (Seniman Tari/Denpasar), (5) I Wayan Sugita (Seniman Drama Gong/Gianyar), (6) I Komang Arsana (Seniman Sastra Daerah Jembrana), (7) Ida Ayu Karang Adnyani Dewi (Seniman Tari/Karangsem), (8) Ida Bagus Ketut Wedana (Seniman Sastra/klungkung), (9) I Ketut Suada (Seniman Tari Arja/Tabanan), (10) I Wayan Gulendra (Seniman Lukis/ISI Denpasar), (11) I Wayan Senen (SeDaera Karawitan/Yogyakarta).mot/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER