Tangkapan Lobster Bulan Ini Sangat Baik

  • 26 Mei 2019
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2208 Pengunjung
istimewa

Tabanan, suaradewata.com -Nelayan Tabanan saat ini sangat bagus untuk panen lobster di sepanjang Pantai Selatan Tabanan. Hal itu diungkapkan oleh Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Kabupaten Tabanan, I Ketut Arsana Yasa mengungkapkan untuk bulan ini (Mei) hasil tangkapan lobster nelayan pesisir cukup baik. 

"Sepanjang Pantai selatan Tabanan, nelayan lobster pesisir panen bagus sekarang," ungkap Arsana, Minggu, (26/05/2019).

Hal itu dikarenakan nelayan pesisir atau nelayan pinggiran yang memasang alat tangkap bubu lobster dikarang-karang dipantai sumringah.pasalnya, musim sasih Jesta sampai sasih ketiga biasanya air laut dingin dan Lobster kepinggir mencari karang yang airnya lebih hangat.

"Ini terjadi setiap tahun, dan kebetulan bulan ini hasil tangkapan lobster nelayan pesisir cukup baik.

Bisa dapat 1 hingga 2 Kg per bubu," ujarnya. 

Ia menerangkan, bubu dipasang di karang yang kemudian dipanen setiap air surut saat gelombang bagus biasanya 3 hari sebelum Purnama atau Tilem. Dan sampai 5 hari setelah Purnama atau Tilem nelayan pesisir panen Lobster. Sedangkan masa tenggang ( pasang surut air laut tidak normal = mandho ) nelayan tidak bisa panen. Untuk bubu yang dipasang oleh nelayan biasanya ada sekitar 10 sampai 20 bubu di pasang di karang. 

"Air laut dingin itu setiap tahun terjadi bila angin timur kencang seperti sekarang ini puncaknya nanti sasih Karo (bulan Juli)," terangnya.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER