Sebagai Penyangga Obyek Wisata, Management DTW Jatiluwih Gelar Bersih Bersih Lingkungan

  • 24 Februari 2019
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2346 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - Kebersihan lingkungan sudah tentu menjadi persyaratan utama untuk menciptakan pemandangan yang indah untuk dipandang. Terlebih kebersihan lingkungan yang dekat maupun di tempat obyek wisata menjadi prioritas utama. Lantaran dengan terciptanya kebersihan lingkungan di sekitar obyek wisata akan membuat para wisatawan yang berkunjung menjadi nyaman. Seperti kegiatan yang diselenggarakan oleh management DTW Jatiluwih yakni menggelar kegiatan bersih-bersih lingkungan di Desa Pakraman Soka Desa Senganan Kecamatan Penebel, Minggu pagi, (24/02/2019). Kegiatan bersih-bersih lingkungan tersebut di Desa Pakraman Soka dilakukan lantaran daerah tersebut merupakan penyangga DTW Jatiluwih.

Manager DTW Jatiluwih, I Nengah Sutirtayasa mengatakan Desa Pakraman Soka ini merupakan pintu masuk dari obyek sentral kita di DTW Jatiluwih. Tentu kegiatan ini berdasarkan dari komplin tamu atau wisatawan yang berkunjung ke DTW Jatiluwih terkait sampah karena kita bersebelahan jelas kewilayahanya masih disini. Tujuannya kita untuk kebersihan di Banjar Soka ini, tentu untuk menjaga hubungan yang baik antara penyangga, baik itu Soka dan juga yang lainnya.

"Nah kita mulai dari kegiatan lingkungan ini disini kan dampaknya positif sekali untuk warga dan juga untuk kita di Pariwisata," ucap Sutirtayasa, Minggu, (24/02/2019).

Untuk kedepannya juga kita mengharapkan dari penyangga-penyangga yang ada di kewilayahan DTW ini yang mempunyai potensi itu diangkat. Sehingga menjadi daya tarik sendiri dan juga mendukung DTW itu sendiri.

"Kita akan melakukan kerjasama antara Desa nanti yang difasilitasi Kecamatan, yang kita harapkan untuk program berkelanjutan dari program ini kita akan mengambil sampah dari sini," terangnya.

Camat Penebel I.G.A. Supartiwi yang juga ikut melakukan bersih-bersih lingkungan tersebut mengatakan ia turun dalam kegiatan tersebut untuk memberikan support kepada warganya yang melakukan bersih-bersih lingkungan di Desa Pakraman Soka. Lantaran kegiatan itu sudah sejalan dengan program kita di Pemerintah Daerah (Pemda) Tabanan, bahwa kita harus memelihara dan menjaga lingkungan. Terlebih-lebih ini sebagai lingkungan yang dilintasi untuk ke daerah tujuan wisata, lantaran masalah kebersihan itu harus menjadi prioritas.

"Karena adanya masyarakat sudah  bergerak seperti ini saya datang memberi support, ternyata masih banyak sampah plastik yang masih berserakan yang masih terbuang, karena belum ada pengelolaan dan penanganan sampah tersebut, dengan adanya kerjasama dengan DTW Jatiluwih mudah mudahan kita bisa menangani sampah ini dengan baik," ungkap Supartiwi.

Sementara, Wakil Bendesa Adat Desa Pakraman Soka Senganan Penebel, I Made Darmasucita mengucapkan terima kasih terhadap Camat Penebel bahwa memang dari dulu sampah itu dimana pun menjadi permasalahan. Selama ini warga Desa Pakraman Soka membuang sampah melalui tempat lahan yang mereka punya, dan itu pun masih banyak tercecer.

"Nah sekarang kebetulan ada kerjasama dengan DTW Jatiluwih, warga kita akan mengkondisikan cara pungutan sampah itu, jadi kita lebih mempunyai organisasi untuk itu, karena selama ini belum ada yang menyentuh untuk pembuangannya pun terkumpul dan pembuangannya kemana itu yang menjadi masalah," ujar Darmasucita.

"Dengan adanya kerjasama ini, mudah mudahan program ini khususnya penanganan sampah bisa terselesaikan di Desa Pakraman Soka," pungkasnya.ang/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER