SMPN 3 Melaya dan SDN 2 Pengeragoan Dinilai

  • 09 November 2018
  • 00:00 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 2220 Pengunjung
suaradewata

Jembrana, Suaradewata.com- SMPN 3 Melaya yang terletak di Desa Manistutu, Kecamatan Melaya dan SDN 2 Pengeragoan, Kecamatan Pekutatan Rabu (7/11) dinilai dalam Lomba Pelaksana Terbaik PKTP (Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna) Program Sekolah Tingkat Provinsi Bali Tahun 2018. Tim penilai yang dipimpin oleh Wakil Ketua I YKI (Yayasan Kanker Indonesia) Cabang Bali, Prof dr Wayan Suardana, Sp. THT (k) disambut di SMPN 3 Melaya oleh Asisten Administrasi Umum Setda Jembrana, Nengah Ledang yang mewakili Bupati Jembrana Wakil Ketua YKI Cabang Jembrana Ny Ani Setiawarini Kembang Hartawan yang mewakili Ketua YKI Jembrana (Ny Ari Sugianti Artha), Kepala Dinas Kesehatan Jembrana, dr. Putu Suasta dan Camat Melaya.

Dalam laporan Ketua YKI Jembrana yang dibacakan Wakil Ketua YKI Cabang Jembrana Ny Ani Setiawarini Kembang Hartawan mengatakan untuk di Jembrana kasus kanker terbanyak di dominasi oleh Kanker Payudara dan Kanker Serviks yang diidap kaum wanita. Khusus untuk kanker serviks Pemkab Jembrana sudah rutin melakukan pencegahan dengan melaksanakan Gebyar IVA yang dilaksanakan hingga ke pelosok banjar. Selain itu di Rumah Sakit sudah tersedia pemeriksaan Pap Smear yang ditangani dokter spesialis dan gratis jika sudah memiliki JKN, KIS atau KTP dan KK Jembrana. Untuk Lomba Pelaksana Terbaik PKTP (Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna) tingkat Kabupaten sudah dilaksanakan pada bulan Mei 2018 dan sesuai Keputusan Bupati No 394/Diskes/2018 SMPN 3 Melaya menjadi juara pada tingkat SMP dan SDN 2 Pengeragoan pada tingkat SD.

Sementara itu Bupati Jembrana I Putu Artha dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Setda Jembrana, Nengah Ledang, mengatakan salah satu usaha yang dilakukan dalam melaksanakan Program Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna di mulai pada tingkat sekolah haingga nantinya menyebar ke seluruh wilayah Jembrana. Usaha tersebut berupa sosialisasi mengenai penyakit kanker, pencegahan, pengobatan hingga memberikan perhatian khusus pada penderita kanker di Jembrana. Hal tersebut sesuai dengan program Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang merupakan instruksi Presiden. Artha tidak lupa mengucapkan terima kasihnya atas dukungan berbagai pihak atas terlaksananya program tersebut.

Sementara itu Prof dr Wayan Suardana, Sp. THT (k) menyatakan Lomba dibagi dalam beberapa strata mulai SD, SMP, Kabupaten, adapun materi lomba dalam penilaian antara lain, Kegiatan Organisasi dan administrasi, kegiatan penanggulangan kanker, penyuluhan, kebersihan lingkungan sekolah, simulasi, hasil yang dicapai. Dalam lomba ini penilai juga mengadakan evaluasi pelaksanaan PKTP selama 10 tahun. Pada lomba tersebut Kepala Sekolah peserta lomba menyerahkan profil sekolah dan capaian dam PKTP yang di terima Prof dr Wayan Suardana. Dep/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER