Klungkung Memiliki Potensi SDM Yang Unggul

  • 08 Oktober 2018
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 2039 Pengunjung
suaradewata

Klungkung Suaradewata.com- Berbagai prestasi yang mampu diukir Kabupaten Klungkung belakangan ini, baik ditingkat daerah, nasional hingga asia telah membuktikan bahwa  Klungkung memiliki potensi SDM yang unggul, meskipun Klungkung merupakan kabupaten terkecil di Bali. Demikian disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat menerima para siswa berprestasi yang akan mengikuti lomba multikuis Kita Harus Belajar (Kihajar) dan Lomba Olimpiade  Literasi, dirumah dinasnya Minggu (7/10).

Menurutnya semua pihak harus terus memupuk rasa jengah, sehingga prestasi bisa terus berkesinambungan. Untuk mengapresiasi para peraih prestasi serta menumbuhkan semangat dan rasa jengah untuk ikut berprestasi kepada yang lain, Bupati Suwirta memiliki gagasan untuk menampilkannya dihadapan publik lewat sebuah kegiatan Pentas Bintang. “ Kita akan ciptakan sebuah wadah kegiatan dimana para peraih prestasi akan menunjukan kemampuan dan prestasi yang telah diperoleh, sehingga akan tumbuh rasa jengah dan semangat untuk ikut berprestasi bagi yang lain,” ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Klungkung Dewa Gde Darmawan melaporkan total sebanyak 7 orang siswa Klungkung akan berlomba mewakili Bali ditingkat nasional. Tiga orang akan berlaga di ajang Olimpiade Literasi yakni Dewa Ayu Dyana Santi Sahadewi dalam Lomba Debat Bahasa Indonesia, Gusti Ayu Adhira Iswa Adi dalam lomba kreatifitas cerita bahasa inggris dan Komang Rahayunita dalam lomba Cipta Puisi. Ketiga sisw1 SMPN 2 Semarapura yang duduk di kelas 8 ini akan mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta pada 27 sampai dengan 31 Oktober mendatang. “dari empat kategori lomba Klungkung memberangkatkan 3 wakilnya sedangkan 1 akil lain dari Gianyar, kita unggul dengan mengirimkan lebih banyak peserta,” ujar Dewa Gde Dharmawan.

Selain itu Klungkung juga mengirimkan empat siswa peserta lomba KIHAJAR, dua untuk tingkat SD dan dua lainnya untuk tingkat SMP. Tingkat SD diwakili oleh Sagita Cinta Ananta siswa kelas 5 dan Putu Ayu Kresna Devany siswa kelas 6. Keduanya merupakan siswa SDN 1 Semarapura Kangin. Untuk tingkat SMP diwakili oleh Gede Agus Sudarmawan kelas 8 dan I Dewa Gede Lokamaheswara kelas 9, dimana keduanya merupakan siswa SMPN 1 Semarapura. Lomba multi kuis KIHAJAR akan diselenggarakan pada tanggal 9 Oktober mendatang di Hotel Sultan, Jakarta. “Ke empat siswa ini sebelumnya telah mengikuti seleksi ketat di tingkat provinsi dan telah lolos untuk mengikuti lomba yang  diselenggarakan oleh Pusat Teknologi dan Komunikasi Kemendikbud Jakarta.” Ujar ujar Dewa Gde Dharmawan.

Kepada seluruh siswa yang akan berlomba ini ,Bupati Suwirta berpesan untuk tidak gugup dan takut dalam menghadapai lomba nantinya. Persiapan dalam mengahadapi lomba harus dimatangkan. Para guru diperintahkan untuk selalu membimbing dan membina anak didiknya sehingga tidak gugup dalam lomba nanti. “ Selamat kepada seluruh adik adik yang akan berangkat mewakili Klungkung, dengan jumlah peserta yang Sebagian besar berasal dari Klungkung, telah membuktikan bahwa Klungkung memiliki SDM yang unggul, mari buktikan bahwa Klungkung mampu meski kita kabupaten kecil,” ujar Bupati Suwirta dengan semangat. ars/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER