Bupati Suwirta Ajak Sekaa Truna Lestarikan Adat dan Budaya

  • 08 Oktober 2018
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 1953 Pengunjung
suaradewata

Klungkung Suaradewata.com - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri HUT ST Dharma Laksana Ke-43 bertempat di Banjar Jabon, Desa Sampalan Tengah, Kecamatan Dawan, Sabtu (6/10) malam. Turut hadir dalam acara terserbut Camat Dawan  AA Gede Putra Wedana, Bendesa Adat Wewidangan Sampalan Tengah Kadek Oka Adnyana serta undangan lainnya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyatakan perayaan Ulang Tahun Sekaa Teruna bukan hanya merupakan rutinitas, karena yang terpenting adalah evaluasi selama satu tahun apa yang sudah dilakukan output dan income terhadap Sekaa Truna. Dari kegiatan ini bagaimana peran sekaa teruna dalam mempererat hubungan kekeluargaan antar krama, melatih dan mendidik membiasakan berkomunikasi dengan Sekaa Truna agar kedepanya siap menjadi karma. Suwirta berharap adat dan budaya harus dikembangkan dengan baik agar tidak terputus dari tongkat estapet adat budaya yang tidak dilanjutkan dengan baik.

Maka melalui  Instruksi Gubernur Bali Nomor 2331 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Peraturan Gubernur Bali Nomor 79 Tahun 2018 Penggunaan Busana Adat Bali dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang perlindungan dan penggunaan Bahasa, aksara, dan Sastra Bali yang sudah diresmikan, Bupati Suwirta mengajak seluruh Sekaa Truna dan masyarakat untuk melestarikan adat dan budaya yang sudah berjalan.

Ketua ST Dharma Laksana Putu Bayu Apriadi dalam laporannya menyatakan adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam memperingati  HUT ST Dharma Laksana yang Ke-43 yakni pada tanggal 30 September 2018 dilaksanakan kegiatan  beberapa lomba antara lain Lomba Nyuun Sokasi yang diikuti oleh Bapak-bapak Pecalang krama Banjar Jabon, Lomba Tarik Tambang yang diikuti Ibu-Ibu PKK dan ST Dharma Laksana, Lomba Makan Kerupuk serta lomba-lomba lainnya. Ulang Tahun kali ini mengambil tema “Meningkatkan Kreatifitas, Solidaritas Generasi Muda yang Berbudaya dan Berkarakter”. Adapun tujuan dari tema yang diambil yakni, menanamkan rasa jiwa solidaritas, tanggung jawab dalam mengemban tugas secara individu maupun berkelompok, serta mengembangkan kebiasaan dan perilaku yang terpuji dan sejalan dengan nilai-nilai universal serta tradisi budaya yang religius.

Dalam acara tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyerahkan hadiah kepada juara pemenang lomba dan  melakukan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada Ketua ST Dharma Laksana Putu Bayu Apriadi dan mengajak seluruh ST Dharma Laksana untuk bersama memerangi narkoba dengan yel yel “Narkoba No, Prestasi Yes”. ars/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER