Tanah Lot Yakini Festival adalah Ajang Promosi Pariwisata Investasi Jangka Panjang

  • 19 September 2018
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2357 Pengunjung
istimewa

Tabanan, suaradewata.com  - Kegiatan festival pariwisata tidak serta-merta meningkatkan kunjungan wisatawan secara signifikan, tetapi dipandang sebagai investasi jangka panjang. Tahun 2018 ini, Tabanan telah menggelar festival di DTW Tanah Lot dan di DTW Ulun Danu Beratan. Sebentar lagi akan digelar di DTW Jatiluwih. Hal ini disampaikan Wakil Manajer DTW Tanah Lot Wayan Sudiana, Senin (17/9) .

Menurutnya, kegiatan festival bukanlah satu-satunya faktor peningkatan kunjungan dalam suatu objek wisata, terutama yang menawarkan pemandangan dan keindahan alam seperti DTW Tanah Lot. ‘’Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti cuaca, kondisi keamanan suatu daerah dan ekonomi global,’’ ujarnya.

Menurutnya, setelah festival memang ada peningkatan kunjungan ke DTW Tanah Lot, namun belum signifikan, mengingat cuaca yang belum membaik dan adanya gempa di Lombok. Namun, adanya festival membuat DTW Tanah Lot menjadi tempat wisata yang menduduki peringkat pertama dan berbintang lima untuk pencarian di internet. ‘’Jika dicari rekomendasi objek wisata di Bali, maka akan muncul Tanah Lot. Ini untuk pencarian tidak berbayar dan nilai bintangnya itu lima,’’ ujar Sudiana.

Inilah yang menjadi tujuan sebuah objek wisata menggelar festival. Saat kondisi membaik, orang-orang akan datang berlibur ke Bali dan tentu mencari rekomendasi objek wisata melalui internet. Dengan Tanah Lot menduduki peringkat atas pencarian untuk kategori tidak berbayar, menjadi salah satu peluang besar dipilih wisatawan untuk dijadikan tempat berwisata.

‘’Berwisata itu menjadi kebutuhan bagi setiap orang setelah tiga kebutuhan pokoknya terpenuhi. Jadi, pasti akan ada yang datang berwisata. Jadi, jika sekarang belum ada peningkatan kunjungan signifikan, ke depan saat cuaca membaik maka tentu akan terjadi peningkatan kunjungan dan berlangsung untuk waktu lama,’’ jelas Sudiana.

Berdasarkan data terakhir, kunjungan wisatawan ke DTW Tanah Lot pada bulan Agustus mencapai 285.280 orang. Sebanyak 82.283 orang di antaranya adalah wisatawan domestik, dan 202.997 orang wisatawan mancanegara. rls/red

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER