Resmikan Peluncuran Kapal Cepat, Bupati Karangasem Dorong Investasi Sektor Bahari

  • 18 Februari 2018
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 3094 Pengunjung
suaradewata

Karangasem, suaradewata.com - Untuk meningkatkan Pemasukan Asli Daerah (PAD) berbagai upaya dilakukan Pemkab Karangasem, diantaranya menggali potensi pariwisata untuk  selanjutnya di tata dan dikembangkan. Salah satunya sektor wisata bahari, dimana saat ini Pemkab Karangasem tengah merancang renovasi Dermaga Rakyat Padang Bai.

Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri, kepada wartawan disela peresmian peluncuran satu dari lima kapal cepat Wan Gobel Express di Dermaga Rakyat Padang Bai, Kamis (15/2/2018) menyebutkan, dari 87 km bentang pantai yang dimiliki, banyak yang belum tergarap dan menunggu untuk dikelola secara lebih baik. Untuk memaksimalkan pendapatan daerah serta agar potensi itu memberi nilai tambah bagi masyarakat, Pemkab Karangasem mendorong tumbuhnya investasi terutama di wisata bahari tersebut.

“Banyak spot yang bisa dikembangkan menjadi objek wisata. Sepanjang mematuhi ketentuan perundangan, kami sangat terbuka terhadap investor,’’ sebut Bupati IGA Mas Sumatri.

Untuk mengembangkan wisata bahari serta potensi lainnya yang dimiliki Kabupaten Karangasem, Mas Sumatri menegaskan jika pihaknya telah membuka ruang seluas-luasnya bagi penanam modal untuk membangun usaha di Bumi Tanah Aron. Menurutnya  Karangasem sangat membutuhkan dukungan pihak swata termasuk dalam mengembangkan sektor pariwisata. Namun dalam aktualisasi dari investasi itu, dunia usaha diharapkan memberi kesempatan yang lebih kepada warga lokal. Sebab, kepentingan pemerintah terhadap dunia usaha bukan hanya untuk peningkatan pendapatan asli daerah tapi juga peningkatan kehidupan perekonomian masyarakat.

Dalam kaitan memaksimalkan potensi wisata tersebut, saat ini Pemkab Karangasem sedang mengadakan pembenahan dari isi regulasi. Satu diantaranya  degan melakukan revisi terhadap Perda Retribusi yang draf revisinya sudah diajukan ke lembaga Dewan. Dimana revisi perda itu diarahkan untuk membuka ruang kerjasama pengelolaan potensi antara pemerintah daerah dengan desa adat.

Sementara terkait aktifitas penyebrangan wisatawan di Dermaga Rakyat Padang Bai, Bupati Mas Sumatri memberi penekanan khusus kepada pelaku jasa penyeberangan wisata Padangbai-Gili Trawangan, Lombok Utara, agar pelaku jasa penyebrangan tersebut bisa terus berinovasi sehingga aktivitas pariwisata ke Gili Trawangan juga bisa mengangkat potensi wisata Karangasem. “Titik keberangkatan silakan dari Padangbai, tapi titik kembalinya misalnya di Pantai Ujung,’’ cetusnya.

Sementara itu, Wawan Danu Sartika dari Wan Gobel Exspres mengaku siap mengkoneksikan aktivitas wisata Gili Trawangan dengan objek wisata di Karangasem. Namun menyangkut Taman Ujung, pengusaha muda asal Karangasem ini mengatakan optimalisasi kunjungan dari jalur laut terkenda oleh tidak adanya dermaga untuk sandar kapal.nov/rls/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER