Jaringan Listrik Padam Saat Hujan Sebabkan Air PDAM Mati

  • 31 Januari 2018
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3275 Pengunjung
suara dewata

Tabanan, suaradewata.com – Adanya kerusakan jaringan listrik akibat hujan deras disertai angin kencang yang belakangan terjadi di Tabanan ternyata berimbas pada pelayanan PDAM Tabanan. Lantaran air kerap kali tak mengalir karena jaringan listrik yang padam.

Kabag Hubungan dan Langganan PDAM Tabanan, Ida Bagus Marjaya Wirata menjelaskan bahwa, ketika musim hujan pihaknya memang mengalami kendala. Salah satunya aliran air PDAM yang terganggu karena jaringan listrik padam. “Biasanya saat hujan deras, angin kencang, lalu jaringan listrik padam, otomatis air PDAM ikut mati, karena kami mengalirkan air menggunakan tenaga listrik,” paparnya Rabu (31/1/2018).

Namun ia meminta pelanggan tidak perlu khawatir, karena kendala terjadi tidak lama. “Pasti ada beberapa pelanggan yang menghubungi kami, lalu kami jelaskan kendala yang terjadi dan kami minta untuk bersabar. Paling lama mati sekitar 10 menit,” lanjutnya.

Dan untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya sudah mempunyai genset. Namun genset digunakan ketika listrik padam dalam waktu  yang lama. “Dalam hal ini kami rutin selalu berkoordinasi dengan PLN dalam melayani masyarakat untuk menghindari keluhan,” sambungnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Bali, I Gusti Ketut Putra mengatakan jika biasanya jaringan listrik mengalami kendala karena listrik tegangan menengah yang terbuka ditumbangi pohon. “Hal itu membuat konsleting listrik dan listrik padam," ujarnya.

Atas kondisi tersebut, pihaknya berharap masyarakat ikut berperan dalam memperhatikan pohon yang rimbun dan berpotensi tumbang dan mengenai kabel listrik.  “Jadi kalau ada pohon yang rentan tumbang segera dilaporkan agar kami bisa mengesekusi,” tandasnya. ayu/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER