Bupati Bangli Apreasi TMMD, TNI Buka Akses Jalan Sepanjang 1,135 Km

  • 07 Maret 2017
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 3714 Pengunjung
suaradewata.com

Bangli, suaradewata.com – Bupati Bangli I Made Gianyar memberikan apreasi yang sangat positif terhadap kegiatan TNI melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Sebab, melalui program TMMD telah terbukti mampu mengatasi kesulitan masyarakat yang selama ini terbentur dan terkendala minimnya akses jalan.

Kali ini, program TMMD tersebut diprioritaskan untuk membantu dan mengatasi kesulitan akses jalan yang dialami warga Tempek Dukuh dan Tempek Gelagah, Banjar Buayang, Desa Landih. Ditempat ini, TNI membuka akses jalan baru sepanjang 1 kilometer lebih (1.135 meter). Hebatnya, pembangunan akses jalan yang dimulai dari proses awal  pembukaan lahan ini, bakal dikerjakan hingga tuntas diakhiri dengan pengaspalan langsung.

Pasi Ter Kodim 1626/Bangli Kapten Inf. Ida Bagus Mahendra seizin Dandim Letkol Inf. Susanto Lastua Manurung membeberkan, jalan yang baru dibuka tersebut lebarnya 6 meter. “Pembukaan akses jalan ini, untuk untuk mempermudah akses ekonomi warga,” tegasya. Sebab, selama ini warga Tempek Dukuh dan Tempek Gelagah hanya melalui jalan setapak dengan medan yang curam dan melalui bantaran sungai yang sudah mongering. “Karena itu, melalui program TMMD ini, pembukaan akses Jalan ini akan kita lakukan hingga tuntas, dari  penggeladakan hingga pengaspalannya,” tegas perwira asal Tabanan ini.

Rencananya, pengerjaan akses jalan tersebut akan dikerjakan selama sebulan dengan melibatkan 150 personil gabungan TNI/Polri; warga 100 orang per hari; personil Pemkab 25 orang per hari serta 25 anggota Ormas. Mereka akan terlibat selama pembukaan akses jalan berlangsung. Karena kondisi medan yang labil dan curam, menurut IB Mahendra, pada beberapa titik juga dibuatkan DPT (dinding penahan tanah). Panjang DPT yang dibuat sekitar 50 meter.

Sementara itu, Bupati Bangli Made Gianyar saat memantau pelaksanaan pra-TMMD memberikan apreasi yang positif. Program yang digelontor tentara melalui TMMD maupun karya bakti TNI diakui selalu berjalan dengan baik. Sebab, kegiatan tersebut telah banyak membantu pembangunan di daerah, yang dampaknya tentunya akan dirasakan langsung oleh masyarakat setempat. “Program TMMD selalu melahirkan kebaruan. Dari tidak ada jalan, program ini membantu masyarakat terbentuk jalan. Dan, itu akan memberikan imbas yang positif terhadap perkembangan ekonomi masyarakat,’’ ungkap Bupati Made Gianyar.

Oleh karena itu, Pemkab Bangli mengaku akan berkomitmen membiayai secara maksimal program tersebut. Terlebih program kali ini, tidak hanya membuka wilayah terisolir dengan pembukaan akses jalan. Namun lebih dari itu, programnya telah terus ditingkatkan dengan pengaspalan. Saat itu, kehadiran Bupati Bangli disambut oleh Kasdim 1626, Pasiter , Danramil 01 Bangli, Kepala Desa Landih dan Tokoh Masyarakat Landih. ard/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER