Angin Kencang, Bangunan Pura Bukit Sari Rusak

  • 09 Februari 2017
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3583 Pengunjung
suaradewata

Tabanansuaradewata.com - Angin kencang melanda Tabanan membuat sebuah pohon besar jenis Kresek tumbang menimpa Pura Bukit Sari di Banjar Baturiti Kaja Desa Baturiti, kecamatan Baturiti Senin, (06/02/2017). Namun pohon tumbang tersebut baru dibersihkan setelah diupacarai oleh pengempon Pura, Kamis, (09/02/2017). 

Kepala Pelaksana BPBD Tabanan I Gusti Ngurah Made Sucita mengatakan BPBD baru turun hari Kamis, (09/02/2017), untuk melakukan pembersihan pohon yang tumbang tersebut. Lantaran sebelumnya masih menunggu pelaksana upacara di Pura tersebut. "Karena sekarang diupacarai, team BPBD hari ini baru bisa melaksanakan pembersihan pohon tumbang," ucap Sucita, Kamis, (09/02/2017).

Dia menerangkan, ada 5 titik kerusakan dalam Pura tersebut akibat tertimpa pohon. Yakni Bale Linggih dan Bale Pewedan rusak total sedangkan Bale Paruman, Bale Dawe dan Tugu hanya sebagain yang ambruk atau rusak.Selain itu, juga ada tembok penyengker yang hancur total. Akibatnya Pura tersebut mengalami kerugian yang diperkirakan kurang lebih mencapai ratusan juta rupiah.

"Tadi penanganannya setengah hari, dan besok dilanjutkankan kembali oleh team BPBD, mengingat besarnya kayu dan pekerjaan yang harus diselesaikan, itu membutuhkan pembersihan lebih dari satu hari," terangnya.ang/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER