Warga Bajera Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan

  • 11 November 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3509 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com– Ada yang menarik dari Perayaan HUT Kota Tabanan Ke-523 di Kecamatan Selemadeg, yang dipusatkan di Lapangan Pangraga Krida, Bajeran Kamis, (10/11/2016) malam. Selain sajian Parade Budaya, Pesta Rakyat dan kuliner seperti kecamatan-kecamatan yang lain juga diisi dengan kampanye kesehatan dalam bentuk Deklarasi SBS (Stop Buang Air Besar Sembarang) oleh perwakilan Desa Bajera Utara.

Deklarasi tersebut bukannya tanpa alasan. Seperti diketahui Desa Bajera Utara tahun ini dinyatakan telah memiliki upaya untuk memperbaiki sanitasi lingkungan. “Kebetulan di tahun ini, tim dari kabupaten dan provinsi menyatakan bahwa Desa Bajera Utara sudah sadar sanitasi lingkungan. Khususnya dalam gerakan SBS atau Stop Buang Air Besar Sembarangan,” beber Camat Selemadeg I Gusti Ngurah Suarya saat sambutan.

Selain karena adanya pengakuan dari kabupaten dan provinsi, upaya masyarakat Desa Bajera Utara untuk sadar mengenai pentingnya sanitasi lingkungan juga sebagai bukti terhadap keberhasilan Tabanan yang belum berapa lama memperoleh Sanitasi Award secara nasional.

Begitu juga dengan kehadiran perwakilan Negara Papua Nugini yang beberapa waktu lalu berkunjung ke Banjar Kebon Bantiran, Desa Wanagiri Kauh, dengan tujuan studi banding di bidang sanitasi. “Terutama dalam mengadopsi sistem pemanfaatan air sungai untuk menunjang kesehatan masyarakat,” sambungnya.

Deklarasi yang dilakukan perwakilan masyarakat Desa Bajera Utara itu mendapatkan sambutan positif dari Bupati Eka Wiryastuti. Kata dia kesadaran masyarakat terhadap sanitasi lingkungan akan sangat menunjang tujuan terwujudnya masyarakat yang sehat. Sehingga, desa maupun kecamatan lain diharapkan bisa mengikuti program ini.

“Jadi gayung bersambut. Karena pusat telah mengakui Tabanan dan menjadikan contoh dalam bidang sanitasi. Tabanan baru-baru ini mendapatkan Sanitasi Award. Dan, ini harus dipertahankan,” imbuhnya. 

Selain Bupati Eka juga tampak hadir Hadir dalam Perayaan HUT Kota Tabanan Ke-523 di Kecamatan Selemadeg itu Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama, Ketua DPRD Tabanan I Ketut Suryadi, serta anggota DPRD Tabanan dari dapil Selemadeg Raya dan Pupuan, serta jajaran pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Tabanan.  hms/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER