Dermaga Lembar Rusak, Antrean Kendaraan di Padang Bai Mengular

  • 30 Oktober 2016
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 3930 Pengunjung
suaradewata

Karangasem, suaradewata.com - Rusaknya Dermaga I Pelabuhan Lembar, kembali memicu terjadinya antrean panjang kendaraan penyebrang di Pelabuhan Padang Bai, Karangasem. Antrean panjang kendaraan bahkan mengular hingga keluar pelabuhan sejauh satu kilometer akibat areal parkir pelabuhan tak mampu lagi menampung volume kendaraan. 

Biasanya puncak antrean panjang kendaraan akan terjadi pada malam hari, dan untuk mengatasi terjadi kemacetan dari arah Padang Bai menuju Denpasar utamanya saat terjadi bongkaran kapal, sejumlah anggota dari polsek Kawasan Laut Padang Bai, disiagakan disepanjang jalur menuju pelabuhan. Selain mengatur lalulintas, polisi juga harus membangunkan para sopir truk yang ketiduran di truk mereka saat ada pergeseran antrean kendaraan. 

“Saya antre dari kemarin sore pak, semalaman sudah saya mengatre dijalan sama sopir lain! ini baru saja bisa masuk kedalam pelabuhan,” ungkap Arifin, salah satu sopir truk asal Mataram, Lombok.  

Dipihak lain, Manager ASDP Padang Bai, I Wayan Rosta, kepada wartawan Minggu (30/10/2016) mengakui adanya kerusakan salah satu dermaga di Pelabuhan Lembar-Lombok. Inilah yang menurutnya memicu terjadinya antrean panjang kendaraan di Padang Bai, karena di pelabuhan Lembar, kapal harus antre untuk sandar. “Dermaga I di Lembar sedang mengalami kerusuakan, sehingga bongkar muat hanya bisa dilakukan di Dermaga II dan Plengsengan,” sebutnya.  

Antrean kapal di lembar itu sevcara otomatis mengakibatkan terjadinya keterlambatan kedatangan kapal di Pelabuhan Padang Bai, “Jelas ada keterlambatan kedatangan kapal di Padang Bai, nah ini juga yang mengakibatkan jadwal menjadi molor bahkan sampai tiga jadwal keberangkatan!” ujarnya. Pihaknya juga sudah mempercepat waktu bongkar muat kapal, untuk mengurai antrean panjang kendaraan. nov/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER