Kadishub : Kita Akan Terus Evaluasi dan Perluas Cakupan

  • 17 Oktober 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 4269 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com– Suksesnya program angkutan siswa gratis di Tabanan yang lebih dikenal dengan Trans Serasi (TS) disamping mendapat dukungan pemkab dan pihak terkait juga tidak lepas dari peran sosok Kadishubkoninfo, I Made Agus Harthawiguna. Pasalnya pejabat asal Penebel ini  selalu all out dalam menjalankan setiap program utamanya dibidang pelayanan. “Kita selalu all out apalagi menyangkut pelayanan public, termasuk trans serasi ini akan terus kita evaluasi termasuk memperluas cakupan layanan seperti arahan pimpinan dan permintaan masyarakat,” tegasnya.

Menurut mantan camat Selemadeg Barat ini, program trans serasi itu memang diluncurkan pada 2014 lalu. Kala itu kata dia berkaca dari banyaknya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar membuat pihaknya dengan jajaran kepolisian melakukan evalusi sampai akhirnya muncul program trans serasi ini. “Kala ini Kapolres Tabanan, pak Dekananto sangat mensuport terwujudnya angkutan siswa gratis dan gerakan ayo selamat, sehingga itu menjadi motto kita,” tegasnya. Seiring berlalu pada tahap awal pihaknya memberdayakan angkot pedesaan untuk “disulap” menjadi TS guna melayani siswa-siswa SMP diwilayah Tabanan.

Dijelaskan pada saat awal program TS diluncurkan perubahan 2014 lalu pihaknya memberdayakan  armada sebanyak 57 armada. “Saat launching April 2014 lalu armada yang terdaftar sebanyak 94 armada, namun karena keterbatasan anggaran kita hanya mampu mengoperasikan sebanyak 53 armada,” ucapnya. Atas sambutan positif dari masyarakat sehingga banyaknya permintaan penambahan armada lantaran banyak siswa yang tidak terlayani. Atas dasar itu pada 2015 pihaknya kemudian menambah 13 armada lagi sehingga pada 2015 dioperasikan sebanyak 70 armada. “Setiap hari jumlah siswa yang berminat naik trans serasi terus meningkat, sehingga kita lakukan evaluasi dan tahun ini kita tambah 13 armada,”ucapnya. Namun hal itu tidak cukup, pada 2016 ini pihakya kembali menambah 10 armada TS jenis angkot.

Dan diluar dugaan suksesnya program TS mendapat sambutan pemerintah pusat, terbukti Kabupaten Tabanan dijadikan percontohan program Rute Aman Selamat Sekolah ( RASS ) dan mendapatkan bantuan 3 unit bus yang saat ini mulai dioperasikan. “ Suatu kebanggaan bagi kita di Tabanan karena program Trans Serasi mampu mengundang beberapa daerah tidak hanya di Bali saja, namun daerah luar untuk melakukan studi banding ke Kabupaten Tabanan,” ucapnya. Rupanya kesuksesan program TS ini juga mendapat perhatian serius Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti. Terbukti saat mencoba trayek bus TS jurusan Tabanan Penebel, Bupati Eka merencanakan akan menambah 5 buah bus TS sekaligus yang akan dicanangkan pada 2017 mendatang. “Kita rencanakan menambah 5 buah armada bus pada 2017 dengan dana yang dibutuhkan sekitar Rp 2 Milyar, nanti kita anggarkan di induk, saat ini tengah proses pengkajian” jelas Bupati Eka disela-sela naik bus TS bersama siswa-siswa SMP Senin, (17/10/2016). gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER