Dinilai Memprovokasi, Polda Bali Selidiki Akun Posting Hormat Bendera ForBali

  • 05 September 2016
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 4866 Pengunjung
suaradewata

Denpasar, suaradewata.com – Kapolda Bali Irjen Pol Sugeng Priyanto menegaskan, pihaknya melalui Unit Cyber Crime Polda Bali tengah menyelidiki pemilik akun @banaspati2001 di twitter yang memposting foto seorang pria  mengenakan baju seragam SMA yang dicorat-coret dengan tulisan Tolak Reklamasi dan sedang bersikap memberikan penghormatan kepada bendera ForBali.

Kapolda mengaku, hingga saat ini pihaknya masih mendalami dan menyelidiki siapa pemilik akun tersebut. "Sedang kita selidiki siapa yang menguplod akun itu dengan menggunakan Unit Cyber Crime kita. Mencari tahu siapa yang menguplod akun itu. Akan kita tanya maksudnya," ujarnya di Denpasar, Senin (5/9/2016)

Apabila hasil pemeriksaan akun tersebut nantinya memenuhi rumusan hukum, maka pihaknya tidak segan-segan menindaknya. "Sedang kita cari siapa yang mengupload. Akan kita tanya. Siapa yang buat statement seperti itu. Tentu apabila ada pelanggaran hukum nah kita akan dalami," ujarnya seraya menambahkan apakah sekedar hanya iseng atau ada maksud tertentu.

Pihaknya juga menilai postingan tersebut berunsur Suku Agama dan Ras (SARA) lantaran pernyataan yang ditulis oleh akun tersebut ada upaya menimbulkan bibit-bibit perpecahan atau memecah belah kedaulatan NKRI.

"Kan disitu mengatakan Indonesia sudah mati. Itu kalau dibiarkan akan membuat bibit tidak baik. Apakah ini hanya iseng saja? Makanya akan kita selidiki. Apabila memenuhi rumusan hukum ya kita proses," tandas mantan Kadiv Hubungan Internasional Mabes Polri ini.

Seperti diberitakan di salah satu media online ada pernyataan "Indonesia sudah mati dan Pancasila was Dead" yang diunggah bersama foto orang yang sedang hormat sempurna ke Bendera For Bali oleh akun @banaspati2001 pada Jumat (02/9/2016) lalu.

Beberapa komentar netizen melihat bahwa pernyataan @banaspati2001 dan foto tersebut merupakan rangkaian dari aksi pembakaran ban di 12 tempat wisata dan penurunan bendera Merah Putih di gedung DPRD Bali tanggal 25 Agustus lalu.

Tidak diketahui apa hubungan akun @banaspati2001 dengan ForBali, namun akibat dari pernyataan akun @banaspati2001 dan foto tersebut membuat ribuan netizen menyebutkan bahwa ForBali identik dengan PKI. ids/hai


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER