Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Tabanan Berlangsung Khidmat

  • 17 Agustus 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2787 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com - Upacara Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Tabanan berlangsung dengan khidmat. Apel HUT ke 71 RI  ini dipusatkan di Lapangan Dangin Carik, Tabanan, Rabu (17/08/2016). Dalam apel tersebut, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti  bertindak selaku Inspektur Upacara.

Upacara dan detik-detik proklamasi dilaksanakan tepat pukul 10.00 wita dan dihadiri oleh Wakil Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya, unsur Muspida, Anggota DPRD Tabanan, Sekretaris Daerah Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa dan seluruh SKPD di Lingkungan Pemkab Tabanan, Turut hadir pula sebagai peserta upacara, para veteran pejuang, wara kawuri, TNI/Polri, Korpri, Hansip, para siswa dan pramuka.

Selain diisi dengan pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), dalam upacara peringatan  detik-detik proklamasi kemerdekaan RI tersebut juga dilaksanakan Pembacaan Teks Proklamasi oleh I Ketut Suryadi, dan teks Pembukaan UUD 1945, oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Tabanan, I Putu Santika. Upacara diakhiri dengan menyanyikan lagu-lagu Andhika Bayangkari.

Sebelumnya, Rabu dinihari,  bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancakatirta Tabanan,   Gubernur Bali Made Mangku Pastika memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka peringatan HUT Proklamasi  Kemerdekaan   Republik Indonesia ke 71 tahun 2016. 

Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini dimulai tepat Pukul 00.00 WITA diikuti oleh Kesatuan TNI, POLRI, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, SKPD Kota Denpasar,  Sekda dan Jajaran SKPD Kabupaten Tabanan serta peserta lainnya.

Apel kehormatan ini dimulai dengan penghormatan arwah para pahlawan dilanjutkan dengan pembacaan Apel Kehormatan dan Renungan Suci oleh Gubernur Pastika.  Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini dimaksudkan untuk memperingati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. mas/gin

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER