Ratusan Sepeda Hias Semarakan Peringatan Hut Kemerdekaan Ke-71

  • 15 Agustus 2016
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 5098 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com –  Sedikitnya sekitar  300 peserta dari 32 Sekolah Dasar se-Kecamatan Bangli ambil bagian dalam pagelaran karnaval sepeda hias serangkaian memperingati HUT RI ke-71 di Kabupaten Bangli. Pawai sebagai wadah adu kretifitas tersebut, dimulai sekitar pukul 15.00 wita, dilepas oleh Bupati Bangli I Made Gianyar, SH.,M.Hum bersama Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, serta Sekda Bangli I.B. Giri Putra, di depan Kantor Bupati Bangli, Senin (15/8/2016).

Sorak sorai ratusan penonton mewarnai karnaval sepeda hias yang bertemakan semangat perjuangan 45 ini, memuncak ketika peserta yang rata-rata berusia 8 tahunan ini mulai mengayuh sepeda dari garis start. Karena tidak sabaran, ada juga peserta yang saling bertabrakan dan kesusahan pengayuh karena pandangnya terganggu hiasan sepedanya sendiri . Meski demikian, kreatifitas peserta dalam  mengaplikasikan nuansa perjuangan pada hiasan sepeda dalam berbagai bentuk dan corak, banyak mendapat pujian dari penonton yang menyaksikan karnaval ini.  

Sekda Bangli yang juga ketua panitia HUT RI I.B. Giri Putra mengatakan, sesuai tema yang diangkat dalam pawai sepeda hias yakni semangat perjuangan 45, hiasan sepeda peserta sangat kental dengan nuansa perjuangan. Banyak dari peserta menghias sepeda mereka dengan menempelkan foto pahlawan, lambang burung garuda dan menghias sepeda sehingga menyerupai kendaraan tempur serta masih banyak kreasi lainnya bernuansakan perjuangan di tahun 1945.  Adapun jarak tempuh pawai sepeda hias ini mencapai 2 Km dengan rute start dari depan Kantor Bupati Bangli keutara menuju Jl. Kusuma Yuda, Jl. Merdeka dan finish di Lapangan Kapten Mudita Bangli.

Lanjut Sekda Giri Putra, disamping untuk memeriahkan pelaksanaan HUT RI ke-71 di Kabupaten Bangli, pawai ini juga sebagai media untuk menyalurkan kreatifitas dan imajinasi anak, khususnya siswa sekolah dasar di Kabupaten Bangli. Pawai ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun untuk terus mengobarkan semangat perjuangan para pahlawan kepada generasi muda. Sehingga mereka memiliki semangat untuk menjadi pahlawan dimasa kekinian, pahlawan dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan. “Melalui karnaval sepeda hias ini kita ingin terus menanamkan semangat perjuangan kepada generasi muda”ucapnya.

Sementara itu Bupati Bangli I Made Gianyar megatakan, pawai sepeda hias merupakan wahana yang tepat untuk memberi ruang bagi anak-anak untuk berkreasi sesuai seni dan imajinasinya. “Ini kegiatan yang positif dan ispiratif. Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya menanamkan jiwa nasionalisme kepada generasi muda” tegasnya.ard/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER