Tabanan-Badung Jalin Kerjasama Bidang Pemasaran Pangan

  • 29 Juli 2016
  • 00:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 4322 Pengunjung
suaradewata

Badung, suaradewata.com – Dua kabupaten bertetangga, Tabanan dan Badung, menyepakati kerja sama di bidang pemasaran pangan. Kerja sama dikuatkan dengan penandatanganan nota kesepahaman distribusi pemasaran pangan yang diteken langsung oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan Bupati Badung Nyoman Giri Prasta.

Penandatanganan tersebut dilakukan dalam pembukaan Festival Budaya Pertanian Kabupaten Badung di areal Jembatan Tukad Bangkung, Desa Plaga, Kecamatan Petang, Badung pada Jumat (29/7/2016). Selain Tabanan, kerja sama ini juga dijalin dengan Kabupaten Bangli dan Buleleng.

Seperti dijelaskan Bupati Giri Prasta, kerja sama antarkabupaten ini merupakan implementasi dari komitmen untuk melakukan government and government yang telah dituangkan dalam RPJMD Semesta Berencana.

Dikatakan, Tabanan sendiri merupakan kabupaten dengan potensi pertanian yang cukup luar biasa. Sehingga, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pangan serta kebutuhan hotel di wilayah Badung Selatan.

"Kabupaten Tabanan adalah salah satu dari tiga Kabupaten lainnya yang kami gandeng untuk melakukan kerjasama di bidang pertanian. Mudah-mudahan kerjasama ini akan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat kami khususnya di Badung dan Tabanan, terutama bagi para petani," ujarnya.

Sementara itu, terkait Festival Budaya Pertanian, Giri Prasta menjelaskan bahwa kegiatan kali ini merupakan yang kelima kalinya. Sejak awal, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang serta apresisi kepada para praktisi di bidang pertanian.

"Kegiatan pada festival ini meliputi pameran produk pertanian, demo aneka kuliner, serta pengenalan objek pertanian di areal Tukad Bangkung," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Eka menyampaikan terima kasih dan apresiasi karena Tabanan dipilih sebagai salah satu kabupaten yang digandeng untuk bekerja sama dalam bidang pertanian oleh Badung. Menurutnya, Tabanan dan Badung memiliki potensi yang sama-sama luar biasa di bidang pertanian.

Sebagai kabupaten yang mendapat julukan lumbung beras dan pangannya Bali, Tabanan selalu berkomitmen memajukan bidang pertanian karena masyarakatnya sebagian besar terjun di bidang agraris.

"Suatu kehormatan bagi kita di Tabanan karena mendapat kesempatan melakukan kerjasama di bidang pertanian dengan Kabupaten Badung. Ini menjadi spirit bagi kita di Tabanan untuk terus memajukan bidang ini untuk kemajuan masyarakat kita di Tabanan yang mayoritas berprofesi sebagi petani," jelasnya.

Dia berharap, Tabanan juga bisa menyelenggarakan festival serupa sebagai salah bentuk apresiasi terhadap para petani di Tabanan. Menurutnya, hasil komoditi pertanian di Kabupaten Tabanan sudah mendapat pengakuan dari dunia seperti padi dan kopi. Karena itu, pihaknya juga optimis akan bisa memenuhi kebutuhan hotel di daerah Badung Selatan seperti yang diharapkan Pemkab Badung.

"Kami berharap jalinan kerjasama ini juga akan berkembang dalam bentuk kerjasama di bidang lain. Sebagai kabupaten yang masih berkembang, kami ingin mengadopsi banyak hal positif dari Kabupaten Badung," tandasnya. ina/hai


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER