Turis Domestik Padati Obyek Wisata Tanah Lot

  • 07 Juli 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 4182 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Sejumlah tempat wisata di Tabanan mengalami peningkatan kunjungan selama libur panjang Idul Fitri yang jatuh pada 6 Juli 2016. Tanah Lot menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Meningkatnya kunjungan wisatawan ke obyek wisata yang terkenal dengan pura di karang besar ini sudah mulai terjadi sejak H-2 Lebaran.

Berdasarkan catatan Manajemen Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot, selama musim libur panjang kali ini, kunjungan didominasi oleh wisatawan domestik yang jumlahnya diperkirakan ribuan orang. Mereka kebanyakan berasal dari Jakarta, Surabaya, Bogor, Malang, Sidoarjo, Bandung, Jogjakarta, dan Makassar.

Pada hari H Lebaran saja, jumlah pengunjung yang datang mencapai 13.979 orang. Jumlah itu terdiri dari 9.439 wisatawan domestik dan 4.540 wisatawan mancanegara. “Sejak H-2 Lebaran Tanah Lot sudah ramai. Dan, peningkatannya mulai terlihat menjelang sore hari,” jelas Manajer DTW Tanah Lot I Ketut Toya Adnyana, Kamis (7/7/2016).

Padatnya jumlah pengunjung ke Tanah Lot itu bisa dilihat dari sesaknya gate atau gerbang tiket dengan antrean kendaraan. Bahkan, panjang antrean tersebut mencapai perbatasan Daya Tarik Wisata Tanah Lot. Bahkan, memasuki pukul 12.30 Wita, lahan parkir cadangan seperti di Surya Mandala Cultural Park dan beberapa tempat parkir cadangan lainnya sudah penuh. “Kami perkirakan hari ini, Kamis (7/7/2016), menjadi puncak kunjungan,” imbuhnya.

Lonjakan jumlah pengunjung ini, sambung Toya Adnyana, sudah diperkirakan sejak seminggu sebelum Idul Fitri 2016. Prediksi tersebut dibarengi dengan sejumlah persiapan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung. Seperti kesiapan lahan parkir serta pengamanan dengan melakukan koordinasi bersama pihak Kepolisian.

Masih menyangkut faktor keamanan, pihaknya juga sudah menyiapkan kamera tersembunyi atau CCTV (circuit close television) yang terpasang di 21 titik. “Selain berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, kami dari internal manajemen juga menyiapkan 21 CCTV yang di pasang di beberapa tempat di areal DTW Tanah Lot,” pungkasnya. ina/hai


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER