Bupati Eka Tandatangani Prasasti Pura Celuk

  • 13 Juni 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3995 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menandatangani Prasasti Pura Kahyangan Celuk yang berada di Banjar Pekraman Mambang Celuk Kaja, Kecamatan Selemadeg Timur, pada Senin (13/6/2016). Penandatanganan ini dilakukan dalam upacara pemelaspasan yang tepatnya jatuh pada Anggara Kasih Dukut. Upacara itu sendiri menandai telah rampungnya proses pembangunan pura tersebut.

Dalam kesempatan itu, Bupati Eka mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya maksimal untuk membantu meringankan beban masyarakat. Terutama, dalam hal membenahi infrastruktur menuju pura. Bahkan, untuk kelanjutan proses pembangunan Pura Kahyangan Celuk, dirinya berjanji akan membantu pembangunan tembok penyengker.

“Kami senantiasa akan membantu warga apalagi melihat semangat dan kerjasama yang begitu kuat. Kami akan membantu semaksimal mungkin melalui pendanaan pembangunan jalan dan warga mengerjakannya secara gotong royong," ujarnya.

Dirinya juga berkomitmen untuk ngayah sekala niskala dan berupaya untuk melakukan investasi karma agar bisa dinikmati oleh penerus yang akan membantu mengajegkan Tabanan.

"Kita bersyukur karena Tabanan selama ini telah meraih berbagai prestasi, jaga selalu dengan mengedepankan persatuan, komunikasi dan koordinasi, karena itulah kunci kesuksesan," imbuhnya.

Sementara itu, Kelian Banjar Mambang Celuk Kaja Gutin Yatna menyampaikan terima kasih pihaknya bersama masyarakat setempat atas dukungan yang diberikan Pemkab Tabanan sehingga pemelaspasan bisa dilaksanakan.

Menurutnya, hal ini juga tidak lepas dari dukungan dan semangat warga yang sudah mempersiapkan pemelaspasan dari beberapa bulan yang lalu. "Kami sudah mempersiapkan upacara pemelaspasan sejak beberapa bulan lalu. Kami mengapresiasi semangat dan kerjasama warga kami," ujarnya.

Pihaknya juga meminta perhatian dari Pemkab Tabanan terhadap pembangunan penyengker dan bale gong di Pura Celuk yang sampai saat ini belum tersedia. Menurutnya, Banjar Pekraman Mambang Celuk Kaja terdiri dari 90 kepala keluarga dan dalam proses persiapan upacara mereka dipungut urunan sebesar Rp 25 ribu.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Eka menyerahkan punia dan melakukan persembahyangan bersama dengan krama Banjar Pekraman Mambang Celuk Kaja. ina

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER