Koalisi Mulai Lirik Paket Roh-Tirta

  • 17 Mei 2016
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 3914 Pengunjung
suaradewata

Denpasar, suaradewata.com – Beberapa waktu terakhir, muncul kabar tentang kemunculan paket Ketut Rochineng-Nyoman Tirtawan (Roh-Tirta) untuk bertarung pada Pilkada Buleleng 2017 mendatang. Duet ini dipandang ideal karena selain memiliki dukungan kuat, juga memiliki modal finansial yang cukup.

Bukan itu saja, duet birokrat-politisi ini diyakini akan menjadi lawan sepadan bagi paket calon petahana Putu Agus Suradnyana-Nyoman Sutjidra (PASS) yang resmi diusung Partai NasDem dan kemungkinan besar akan diusung kembali oleh PDIP. Dan, jika paket Roh-Tirta bertarung head to head dengan paket PASS, peluang calon petahana tumbang akan terbuka lebar.

Walau belum resmi berduet, namun paket Roh-Tirta kini sudah mulai dipertimbangkan koalisi besar yang dimotori Partai Golkar, Partai Demokrat dan Partai Gerindra. "Roh-Tirta itu paket bagus. Dan, kami sudah mendengar kabar tentang rencana duet Pak Rochineng dengan Tirtawan," kata Ketua DPD Partai Demokrat Bali Made Mudarta, di Denpasar, Selasa (17/5/2016).

Meski demikian, Mudarta tak mau berkomentar banyak soal paket Roh-Tirta ini. "Sebab partai-partai yang sepakat untuk berkoalisi, memiliki mekanisme di masing-masing dalam menjaring kandidat. Jadi kami harus hormati itu," ujarnya.

Menurut dia, seluruh figur maupun paket yang mendaftar di partai-partai koalisi, termasuk jika paket Roh-Tirta ikut mendaftar, nantinya akan diperlakukan sama. Seluru figur akan disurvei oleh masing-masing parpol.

"Kita survei dulu. Kalau mereka sering turun, pasti dikenal masyarakat. Kalau dikenal, pasti akan disukai. Kalau disukai, pasti akan dipilih. Kita akan liat itu di hasil survei. Kalau memang paket Roh-Tirta unggul dalam survei, bukan tidak mungkin akan diusung," tandas Mudarta.

Kolaborasi Rochineng dan Tirtawan sendiri, akan menjadi pasangan yang menarik. Sebab, Rochineng saat ini masih aktif sebagai PNS dan bahkan duduk sebagai kepala BKD Provinsi Bali.

Sementara Tirtawan, adalah politisi Partai NasDem yang saat ini duduk sebagai anggota DPRD Bali. Jika Tirtawan positif berduet dengan Rochineng, maka dipastikan akan ditarik keanggotaannya oleh Partai NasDem, baik sebagai kader maupun dari DPRD Bali. Sebab, Partai NasDem sendiri sudah resmi merekomendasikan paket PASS untuk Pilkada Buleleng.

Dari informasi yang berkembang, Tirtawan sendiri siap untuk ditandemkan dengan Rochineng. Anggota Fraksi Panca Bayu DPRD Bali, bahkan siap dengan segala konsekuensi politik, jika koalisi memutuskan merekomendasikan paket Roh-Tirta.

Keberanian Tirtawan ini, konon karena mendapat dukungan kuat dari tokoh-tokoh masyarakat Buleleng. Bahkan dari antara mereka, banyak yang tercatat sebagai eks kader PDIP. (san)


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER