Gawat.!!!, Jajan Banten di Pasar Kediri Mengandung Pewarna Tekstil

  • 17 Maret 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 4168 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com–  Gawat..!!! Ternyata jajan sarana upacara  seperti jajan  begina, matahari, dan sagon yang dijual di Pasar Kediri Tabanan mengandung sat berbahaya yakni pewarna tekstil  ( rodhamin B ). Hal itu terungkap setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Denpasar sidak ke pasar tesebut Kamis (17/03/2016).

Dalam sidak BPOM tersebut setidaknya dari 24 sampel jenis makanan yang diuji langsung melalui tes kit 10 diantanranya mengandung zat berbahaya. “ Kami temukan 10 sampel positif mengandung bahan berbahaya yakni rhodamin B, borak dan formalin,” jelas Ni Wayan Ayu Sukani, staf layanan informasi konsumen BPPOM Denpasar didampingi Ir.I Gst Ayu Sri Wahyuni, Kabid Perlindungan Konsumen Disperindag Tabanan.

Meski jajan tersebut hanya sarana untuk banten dan tidak dikonsumsi oleh orang, namun dikatakan tetap berbahaya. Sebab, biasanya setelah digunakan untuk banten jajan diberikan ke ternak seperti ayam ataupun babi. “Jika daging ternak itu disembelih lalu dimakan, maka zat kimia itu akan ke tubuh kita, karena zat kimia tersebut tidak terurai,”jelasnya.

Terkait temuan tersebut, Kabid Perlindungan Konsumen Disperindag Tabanan Gst Ayu Sri Wahyuni mengatakan, bagian industri nantinya akan menyasar para produsen dan diberikan arahan tentang bahaya penggunaan pewarna tekstil pada makanan. “Rencananya senin ini bagian industri akan memberikan pembinaan pada para produsen untuk tidak melakukan hal serupa yang membahayakan kesehatan masyarakat. Dan kegiatan ini juga akan menggandeng dinas kesehatan selaku instansi yang berwenang,” jelasnya. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER