Vaksinasi Anjing Gratis Diserbu Warga Yeh Gangga

  • 17 Juni 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2845 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com - Puluhan warga Banjar Yehgangga mendatangi bale banjar setempat. Pasalnya untuk meluasnya wabah rabies, UPTD (Unit Pelaksana Tingkat Dasar) Dinas Peternakan Kecamatan, Tabanan menggelar vaksinasi anjing gratis bagi warga Yeh Gangga, Sudimara Tabanan, Rabu, (17/6).

Sekitar pukul 09.00 wita, warga setempat sudah berdatangan di Bale Banjar setempat. Mereka datang lengkap dengan anjing piaraannya untuk di vaksinas gratis oleh petugas. Beberapa warga mengaku menyambut baik adanya vaksinasi gratis yang dilakukan dinas peternakan tersebut. Mereka beharap vaksinasi gratis itu bisa dilakukan secara rutin mengingat banyaknya wabah rabies yang merenggut nyawa manusia. Terlebih VAR sangat sulit di dapat meski di rumah sakit pemerintah. “Anjing saya sudah dua kali saya vaksin, sekarang vaksin lagi mumpung gratis," ucap Gede Januarta alias Jojon. Dia berharap apa yang dilakukan UPTD dapat dilakukan secara rutin di tengah masyarkat. "Harapan saya, vaksinasi ini dilakukan secara rutin, melihat perkembangan anjing yang sulit terkontrol terutama yang liar dan virus rabies yang belakangan muncul," jelasnya. 

Sementara Ketut Murya dari pihak UPTD Dinas Peternakan Tabanan mengatakan selama dua jam vaksinasi gratis yang dilakukannya di Banjar Yeh Gangga terdapat 115 anjing yang mendapatkan vaksin anti rabies. "Di Kecamatan Tabanan ini yang tertinggi sebelumnya saat vaksin jumlahnya 50'an ekor," ucapnya. Program ini kata dia dilakukan selama setahun, di Kecamatan Tabanan terdapat 82 Banjar dan 12 Desa. "Hari ini 10 vial vaksin habis untuk vaksin ratusan anjing," terangnya. Sementara terkait eliminasi anjing liar, menurut Murya pihaknya masih kekurangan "peluru" untuk eleminasi anjing yang biasanya dipakai dalam "tulub" (senjata tiup yang terbuat dari pipa plastik). "Permintaan eleminasi ada dari Desa Bongan dan Desa Denbantas, tapi karena logistik terbatas belum bisa kami laksanakan," terangnya. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER