Pelaku Pariwisata Dukung Pembangunan Tol Baru di Bali

  • 03 Mei 2015
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 3356 Pengunjung

Denpasar, suaradewata.com - Pelaku pariwisata yang tergabung dalam Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, mendukung rencana pembangunan tol baru yang menghubungkan kawasan selatan dan utara Bali. Pembangunan tol ini diyakini akan akan membuka akses ke kawasan utara, yang selama ini memang masih tertinggal.


"Itulah yang dibutuhkan Bali, aksesibilitas," ujar Ketua GIPI Bali Ida Bagus Ngurah Wijaya, di Denpasar, Minggu (3/5).

Akses, menurut dia, menjadi hal yang sangat krusial untuk mendukung pengembangan pariwisata di kawasan utara Bali dan sekitarnya, yang masih tertinggal dibandingkan kawasan selatan Bali. Saat ini, Denpasar-Buleleng misalnya memakan waktu sekitar tiga jam perjalanan, dengan menggunakan kendaraan roda empat.

"Hal itu membuat sebagian turis enggan berkunjung ke Buleleng, karena jarak tempuh yang jauh disertai kontur jalan yang berliku," kata Wijaya.

Walau demikian, ia tidak mengharapkan pembangunan akomodasi wisata di kawasan utara Bali seperti di kawasan selatan yang sangat masif. "Memang perlu dibangun akomodasi, tetapi tidak masif seperti di (Bali) selatan. Kalau begitu, apa yang dilihat di Bali?" tandasnya.

Pembangunan tol, kata dia, akan mempercepat pengembangan pariwisata di kawasan utara Bali. Selain itu, masyarakat yang merupakan pekerja dari kawasan itu, bisa lebih menghemat secara ekonomi karena tidak perlu menyewa tempat tinggal di Denpasar.

"Para pegawai atau pekerja juga bisa menghemat secara ekonomi, karena hampir sebagian penghasilannya digunakan untuk membayar sewa rumah," jelas Wijaya.

Sebelumnya Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta, mengatakan, tahun ini mulai dilakukan studi kelayakan terkait rencana pembangunan proyek tol yang menghubungkan Denpasar-Gilimanuk.

"Feasibility study (studi kelayakan) Tol Denpasar-Gilimanuk dimulai tahun ini. Ada tujuh titik yang akan kita bangun," paparnya. Ketujuh titik tersebut, berada pada empat ruas tol meliputi Kuta - Canggu - Tanah Lot - Soka, Soka - Pekutatan, Pekutatan - Gilimanuk dan Pekutatan - Lovina. san


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER