Banyu Pinaruh, Sanjaya dan Ribuan Siswa Melukat Massal

  • 03 Mei 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3090 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com –  Bertepatan dengan hari Banyu Pinaruh (sehari setelah hari saraswati), Wabup I Komang Gede Sanjaya mengajak sekitar 2.500 orang siswa SMP dan SMA melakukan penglukatan massal di pantai Yeh Gangga, Desa Sudimara, Tabanan, Minggu, (03/05/2015).

Upacara penglukatan yang diprakarsai Paiketan Daksa Dharma Sadhu (PDDS) Kabupaten Tabanan itu dipimpin oleh lima orang sulinggih, yakni Ida Pandita Rsi Siwa Putra Sanatana Daksa Manuaba dari Griya Utu, Penebel, Ida Pandita Daksa Sudanta Putra dari Griya Carik Padang, Kediri, Ida Pandita Trinata Daksa Manuaba dari Griya Kukuh, Kerambitan, Ida Pandita Sadu Eka Jaya dari Griya Gadungan, Selemadeg Timur dan Ida Pandita Sri Behawan Dwija Dwipayana dari Griya Sakenan.

Dalam kesempatan itu Wabup Sanjaya mengatakan acara itu adalah yang kali pertama di Tabanan. “Meskipun PDDS Tabanan baru sebulan terbentuk, saya tetap memberikan apresiasi. Karena sudah membuat gebrakan seperti ini. Apalagi tujuan upacara ini adalah menyucikan pikiran dan hati,” ujarnya. Kehadiran para siswa-siswa SMP dan SMA itu kata dia menjadi sebuah jawaban atas kekhawatiran para orang tua di tengah isu degradasi moral yang akan dialami generasi muda mendatang sebagai pengaruh negatif dari globalisasi. “Ini sekaligus menjadi jawaban atas kekhawatiran itu. Saya terharu dan berharap, kita para orang tua tetap memberikan arahan dan tuntunan kepada adik-adik atau anak-anak kita,” imbuhnya.

Pihaknya berharap pengelukatan massal tersebut  bisa dikembangkan lagi ke seluruh kecamatan lainnya. Untuk itu dirinya juga meminta Disdikmudora untuk menindaklanjutinya. Sehingga seluruh siswa SMP dan SMA di Tabanan bisa melalui Banyu Pinaruh dengan kegiatan seperti PDDS laksanakan. “Sehingga generasi muda kita, khususdnya di Tabanan, lebih memahami makna Banyu Pinaruh itu sendiri,” pungkasnya. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER