DPRD Tabanan Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati TA 2023

  • 21 Maret 2024
  • 22:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1935 Pengunjung
DPRD Tabanan Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati TA 2023. (istimewa)

Tabanan, suaradewata.com  - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tabanan telah menegaskan komitmennya untuk segera mengadakan pembahasan terkait Laporan Keterangan dan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tabanan terhadap pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023.

Ketua DPRD Tabanan, I Made Dirga, dalam pernyataannya pada Kamis (21/3), menyatakan bahwa pembahasan mengenai LKPJ yang disampaikan oleh Bupati akan dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku di DPRD Tabanan.

"Pidato yang disampaikan oleh Bupati Tabanan mengenai LKPJ terhadap APBD 2023 dalam Rapat Paripurna ini akan segera dibahas oleh DPRD dalam rapat sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan," jelas Dirga.

Dirga juga menambahkan bahwa melalui rapat paripurna tersebut, visi Pemerintah Kabupaten Tabanan untuk mewujudkan Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pembangunan Semesta Berencana menuju Tabanan yang Aman Unggul dan Madani (AUM) dapat tercapai.

Sementara itu, dalam penyampaian LKPJ APBD 2023, Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, menjelaskan sejumlah kebijakan dan program kerja yang dilaksanakan sepanjang tahun 2023 yang difokuskan pada peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Tabanan serta optimalisasi pengelolaan keuangan daerah.

Menurut Sanjaya, realisasi pendapatan mencapai Rp 2,8 triliun lebih atau sekitar 91,62 persen dari target anggaran sebesar Rp 2,1 triliun. Komponen pendapatan daerah Kabupaten Tabanan tahun 2023 terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 508 miliar lebih, dana pendapatan transfer sebesar Rp 1,5 triliun lebih, dan pendapatan lainnya sebesar Rp 1 triliun.

Adapun untuk Belanja Daerah, realisasinya mencapai Rp 2,7 triliun lebih atau sekitar 90,86 persen dari total belanja sebesar Rp 2,2 triliun lebih. Sedangkan pembiayaan daerah mencapai Rp 30 miliar lebih dari total pembiayaan sebesar Rp 27,5 miliar lebih.

Dengan pembahasan yang akan segera dilakukan oleh DPRD Tabanan terhadap LKPJ Bupati, diharapkan dapat tercapainya transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan APBD 2023 untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tabanan. ayu/yok


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER