Tegakkan Perda Dikawasan Wisata, Pemkab Buleleng Bentuk Satpol PP Pariwisata

  • 01 Februari 2024
  • 21:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1047 Pengunjung
Mobil khusus untuk Satpol PP Pariwisata Kabupaten Buleleng./SD/ist

Buleleng, suaradewata.com Tidak hanya ada polisi pariwisata. Kini Pemkab Buleleng juga membentuk Satpol PP Pariwisata yang terdiri dari 12 personil yang dibagi dua regu. Tugasnya, berbeda dengan polisi pariwisata, Pol PP Pariwisata bertugas menegakan perda di kawasan pariwisata.

Kepala Satpol PP Kabupaten Buleleng I Gede Arya  Suardana mengatakan, tugas dan wewenang Satpol PP Pariwisata berbeda dengan Polisi Pariwisata. Jika Polisi Pariwisata melaksanakan penegakan hukum terhadap kasus pidana di wilayah pariwisata, maka Satpol PP Pariwisata melaksanakan penegakan peraturan daerah (Perda).

"Pelanggaran pidana seperti pencurian, perampokan, kan masuk ranah pidana, maka kami lebih ke penegakan Perda yang utamanya pada segi keamanan dan ketertiban umum, pelanggaran di sana kan belum masuk ranah pidana, tetapi perlu ada aparat yang berwenang, untuk itulah Satpol PP Pariwisata dibentuk," jelas Suardana.

Penegakan Perda menurut Suardana meliputi menjaga keamanan dan ketertiban umum seperti polusi suara, gelandangan dan pengemis, pedagang liar, dan lain sebagainya. Selain itu, perda juga mengatur para pelaku pariwisata untuk berkontribusi terhadap daerah melalui pajak daerah dan perizinan. Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat dioptimalkan melalui ketertiban dalam pembayaran pajak daerah dan perizinan oleh pelaku pariwisata.

Khususnya wisatawan mancanegara, Satpol PP Pariwisata nantinya juga akan memberikan sosialisasi terkait norma dan budaya lokal, sehingga kelak wisatawan mancanegara tersebut dapat menghindari tindakan yang dianggap tidak menghormati budaya lokal, terutama pada tempat-tempat suci di Kabupaten Buleleng.

Satpol PP Pariwisata di Kabupaten Buleleng kata Suardana terdiri dari 12 orang personel yang terbagi menjadi 2 regu, dilengkapi dengan 2 unit mobil untuk melaksanakan patroli. Satpol PP Pariwisata ini akan dilengkapi dengan baju seragam khusus dan emblem mengikuti Satpol PP Pariwisata Provinsi Bali. Untuk saat ini, personel yang ditugaskan masih dari internal pegawai Satpol PP Kabupaten Buleleng, namun dirinya tidak menutup kemungkinan ada perekrutan khusus untuk Satpol PP Pariwisata. Sad/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER