Peringatan Hari Ibu, TP.PKK Kabupaten Bangli Tuangkan Puluhan Ton Eco Enzyme Di Danau Batur

  • 08 Desember 2023
  • 19:45 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 2314 Pengunjung
Serangkaian peringatan Hari Ibu, TP.PKK Kabupaten Bangli menuangkan puluhan Ton Eco Enzyme Di Danau Batur, Kintamani. SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Serangkaian memperingati hari Ibu tahun 2023, dan dalam rangka mendukung program Pemerintah Kabupaten Bangli dalam pelestarian lingkungan dan menjaga kemurnian Danau Batur, TP.PKK Kabupaten Bangli yang dipimpin langsung Ny.Sariasih Sedana Arta, menuangkan 21 ton cairan eco enzyme di wilayah perairan danau batur Kintamani, Jumat (8/12/2023).

Acara yang dipusatkan di dermaga Kedisan tersebut, dihadiri oleh Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Ketua Bidang I TP.PKK Kabupaten Bangli, Ny.Suciati Diar, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Se Kabupaten Bangli, Ketua Tim Penggerak PKK Desa / Kelurahan di Kabupaten Bangli, para penggeliat Lingkungan, Pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab.Bangli, Para Camat, Lurah , Para Perbekel , Wakil Ketua Forkom Perbekel Kabupaten Bangli serta undangan lainnya.

Ketua TP.PKK Kabupaten Bangli, Ny. Sariasih Sedana Arta dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan tugas yang sangat mulia oleh TP.PKK Kabupaten Bangli untuk melaksanakan penuangan cairan eco enzyme di perairan Danau Batur. Eco enzym tersebut merupakan hasil produksi Ibu-Ibu pengurus PKK baik dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga tingkat desa dan kelurahan.

Pihaknya juga mengajak seluruh Kader PKK di Kabupaten Bangli, serta seluruh lapisan masyarakat Bangli untuk selalu memproduksi cairan eco enzyme, dengan memanfaatkan sisa sayur dan buah di rumahnya masing-masing. "Bukan hanya untuk kemurnian Danau Batur saja, tetapi eco enzyme juga bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga seperti mencuci piring dan membersihkan lantai," ujarnya. Ketua TP.PKK yang memiliki hobi berkebun ini juga menegaskan kepada seluruh Kader PKK se Kabupaten Bangli agar turut serta menjadi media penyambung informasi kepada seluruh masyarakat tentang manfaat dari cairan eco enzyme.

Sementara Bupati Bangli dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada TP.PKK Kabupaten Bangli, yang selalu mendukung setiap gerak pembangunan di Kabupaten Bangli yang salah satunya adalah penuangan cairan eco enzyme yang dilaksanakan serangkaian hari ibu tahun 2023. "Sesuai komitmen Pemerintah Kabupaten Bangli, di tahap pertama telah berhasil memproduksi 237 ton cairan eco enzyme yang telah dituangkan secara bertahap sesuai jadwal yang telah ditentukan sebanyak 145 ton. Dan, hari ini TP.PKK kembali menuangkan 21 ton cairan eco enzyme. Upaya ini tentu telah menunjukan perubahan yang sangat signifikan terhadap kemurnian air danau, yang sebelumnya terlihat keruh, tetapi sekarang sudah mulai terlihat bening. "Ini membuktikan bahwa, kalau kita melakukan perbuatan mulia kepada bumi, maka bumi akan meresponnya dengan baik," ungkap Sedana Arta. 

Bupati mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder dan pemangku kepentingan di Kabupaten Bangli, atas partisipasinya dalam memproduksi cairan eco enzyme, meski tanpa menggunakan anggaran APBD ataupun anggaran Desa, produksi eco enzyme tetap bisa dilaksanakan. "Ini menunjukan semangat gotong royong masyarakat Bangli sangat tinggi untuk menjaga kelestarian alam dan kemurnian air Danau Batur," tegasnya.ard/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER