Pemkab Karangasem Ucapkan Selamat Hari Raya Nyepi dan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

  • 20 Maret 2023
  • 18:30 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1581 Pengunjung
istimewa

Karangasem, suaradewata.com- Menjelang perayaan Hari Raya Nyepi yang merupakan perayaan tahun baru umat Hindu yakni Tahun Baru Saka 1945 yang jatuh pada Tanggal 22 Maret 2023 mendatang. Berbagai kegiatan upacara dilaksanakan oleh umat Hindu di Seluruh bali, khususnya di Kabupaten Karangasem, salah satunya Upacara Melasti ke Pantai ataupun ke Danau yang merupakan upacara penyucian serta digelarnya Tawur Agung Kesanga yang bertujuan untuk menyeimbangkan Bhuana Alit dan Buana Agung.

Berbeda dengan perayaan Nyepi tahun sebelumnya, Hari Raya Nyepi tahun ini bertepatan dengan masuknya Bulan Ramadhan atau Bulan Puasa. Berkaitan dengan ini Bupati Karangasem I Gede Dana, Senin (20/3/2023) menghimbau kepada masyarakat Karangasem, untuk saling menghargai dan menghormati dalam menjalankan upacara ke-agama nya masing-masing.

"Hari Raya Nyepi, hari suci penuh makna, Catur Brata Penyepian bagian dari pengendalian diri sehingga Krama harus mampu memberikan kenyaman ketenangan kepada diri sendiri dan kepada orang lain,” ucap Bupati Gede Dana.

Mengingat Hari Raya Nyepi bertepatan dengan bertepatan dengan masuknya Bulan Suci Ramadhan dimana umat islam di Karangasem juga melaksanakan ibadah Shalat Tarawih dan Puasa, Bupati juga menekankan untuk saling menghargai dan menghormati dan saling menjaga sehingga masyarakat sama-sama mendapat kenyamanan dan ketenangan dalam menjalankan upacara keagamaan masing-masing.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Karangasem, dalam kesempatan ini, Bupati Karangasem I Gede Dana dan Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945 bagi umat Hindu.  Semoga perayaan Nyepi tahun ini bisa membawa anugrah kekuatan serta kesehatan lahir batin dalam upaya memulihkan kehidupan pasca pandemi Covid-19," ujar Bupati dan Wakil Bupati Karangasem.

"Selama dua tahun kami terkurung, kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem juga mengucapkan terimakasih pada Pemerintah Pusat karena sudah memberikan ruang dan waktu untuk memulihkan kondisi kami utamanya dalam membangkitkan pariwisata, syukur-syukur kami masih diberikan sehat," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Baik Bupati maupun Wakil Bupati Karangasem berharap agar perayaan Nyepi dan Puasa Ramadhan serta Hari Raya Idul Fitri kali ini,  masyarakat saling menjaga dan menghormati, serta merayakan Hari Raya masing-masing dengan khusyuk.nov/rls/ad


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER