Buka Musrenbang di Kecamatan Mendoyo , Bupati Artha : Pastikan Program  Sesuai  Prioritas

  • 25 Januari 2021
  • 20:15 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 1614 Pengunjung
suaradewata

Jembrana, suaradewata.com - Musyawarah Perencanaan Pembangunan(Musrenbang) tingkat kecamatan Mendoyo secara resmi dibuka oleh Bupati, I Putu Artha di Wantilan Desa Penyaringan kecamatan Mendoyo, Senin(24/1). Pelaksanaan Musrenbang dengan menerapkan Protokol kesehatan  Covid-19, diawali dengan penyerahan sembako secara simbolis oleh Bupati, I Putu Artha kepada warga terdampak Covid-19,   diterima Camat Mendoyo, I Putu Nova Noviana.

Musrenbang tingkat kecamatan pertamakali di Kabupaten Jembrana ini , turut dihadiri  Pj. Sekda, I Nengah Ledang, Asisten Setda, pimpinan OPD serta para Perbekel, Lurah, para ketua BPD, dan para ketua tim penggerak PKK desa se kecamatan Mendoyo.

 Dihadapan para peserta Musrenbang, Bupati, I Putu Artha minta agar para perbekel dan Lurah agar memastikan program yang diusulkan itu benar-benar menjadi skala prioritas,”dalam pembahasan saat musrenbang kali ini, perlu saya ingatkan kepada para perbekel, lurah dan BPD agar pastikan program sesuai skala prioritas khususnya kepada wilayah atau daerah-daerah yang rawan terhadap musibah bencana,”harap Bupati Artha.

Sambung  Bupati Artha, sampai saat ini situasi belum menunjukkan tanda-tanda perbaikan akibat wabah Covid-19. Hal ini tentu telah menimbulkan dampak negatif kepada berbagai aspek kehidupan, baik sosial, ekonomi maupun psikologis masyarakat, “dampak paling nyata terkait dengan penyusunan rencana kerja dan penganggaran pembangunan adalah stagnasi bahkan penurunan Pendapatan Asli Daerah(PAD) demikian juga dana tranfer dari pusat sangat terbatas. Olehsebab itu saya ingatkan kepada seluruh perangkat daerah agar nantinya menggunakan anggaran atau dana pembangunanitu seefisien mungkin serta merancang program atau kegiatan yang memang benar-benar prioritas,”tandasnya. 

Sementara Camat Mendoyo, I Putu Nova Noviana dalam pemaparannya mengungkapkan, dari 4(empat) bidang kegiatan yang menjadi ulusan dalam Musrenbang yakni, bidang infrastruktur perumahan dan LH, ekonomi, sosial budaya dan bidang Aparatur Pemerintah, Hukum dan HAM dengan total anggaran yang diusulkan sebesar Rp. 162 milyar lebih meliputi anggaran yang bersumber dari APBN, APBD I dan APBD II.

“Bidang infrastruktur perumahan dan LH sebesar Rp.126.998.543.820, bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan sebesar Rp. 8.270.000.000, bidang sosial budaya, pertanian, peternakan, perikanan dan kelautan dengan dana Rp. 25.668.650.000 serta untuk bidang aparatur pemerintah, hukum dan HAM serta keamanan dan ketertiban dengan dana sebesar Rp.1.677.805.743,00. Total dana yang menjadi usulan dalam Musrenbang kecamatan Mendoyo sebesar Rp. 162.614.999.563,” tandasnya.dep/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER