Wagub Cok Ace Siap Sukseskan Gernas BBI 2021 di Pulau Bali

  • 09 Januari 2021
  • 13:10 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1695 Pengunjung
suaradewata

Denpasar, suaradewata.com - Provinsi Bali terpilih sebagai tuan rumah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021, hal itu terungkap saat Menko Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan mengadakan Rapat Koordinasi Rancangan Usulan Agenda Gernas BBI 2021 dengan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, dan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Doni Primanto Joewono pada, Kamis (7/1) secara virtual.

Gernas BBI 2021 yang mengambil tema Produk Artisan Indonesia ini akan berlangsung pada, Senin (11/1) mendatang di Provinsi Bali dengan pusat kegiatan di Bandara Internasional Ngurah Rai dan akan dihadiri langsung oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi beserta beserta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Bintang Puspayoga.

Guna mensukseskan kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menegaskan Bali sangat siap menyambut Gernas BBI 2021 ini, lengkap dengan menghadirkan UMKM asli Bali yang telah didukung penuh oleh Bank Indonesia.

"Demi kelancaran acara ini, kami juga akan tetap menerapkan disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 selama acara ini berlangsung," tegas Wagub Bali yang akrab dipanggil Cok Ace ini.

Sementara itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Doni Primanto Joewono menjelaskan dukungan BI pada launching program Gernas BBI 2021 di Pulau Bali ini akan menampilkan 23 UMKM Unggulan - Produk Artisan Indonesia, yang mana 23 UMKM ini berasal dari 13 UMKM Binaan Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali, seperti 7 UMKM Kain/Fashion, 4 UMKM Kuliner, 2 UMKM Kerajinan. Kemudian ada 9 UMKM Binaan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Buleleng, Badung, dan Gianyar yang terdiri dari 3 UMKM Kain/Fashion, 5 UMKM Kuliner, dan 1 UMKM Kerajinan. "Terakhir ada 1 UMKM Debitur BCA yang akan menghadirkan 1 UMKM Herbal," jelas Doni Primanto Joewono seraya menambahkan BI juga memberikan dukungan dalam Showcase Produk UMKM Unggulan di Mall-Mall terkemuka di Jakarta dan di Bali, Bandara, dan Marketplace. Mengenai transaksi pembayaran yang akan dilakukan, kami dari BI sudah merancangnya yakni dengan melakukan pembayaran langsung kepada UMKM dengan menggunakan digital payment/non tunai termasuk QRIS.

Mendengar hal itu, Menko Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan produk lokal Bali sudah banyak saya lihat memiliki kelas yang bagus, itu saya temui ketika liburan di Bali. Sehingga, saya berharap produk lokal ini harus terus kita dorong untuk meningkatkan kualitas dan produksinya agar banyak.

"Saya harap Bapak Presiden RI bisa membuka Gernas BBI di bulan Januari ini. Karena kita memiliki harapan besar untuk meningkatkan kualitas UMKM di Indonesia agar lebih maju kedepan melalui Gernas BBI ini," ucapnya.

Mengenai Protokol Kesehatan di Pulau Bali, Luhut Binsar Pandjaitan juga menitipkan pesan kepada Wagub Cok Ace untuk tidak melonggarkan Protokol Kesehatan. Sehingga laporan yang masuk ke saya, seperti bule-bule yang menetap di Bali harus didisiplinkan mereka. "Kalau belanja, harus pakai masker, dan kalau sudah disiplin maka Bali akan kelihatan bersih di mata dunia," pungkasnya.awp/utm

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER