1.100 Personel "Pasukan Ijo" Disiagakan Pemkot Denpasar

  • 05 Maret 2019
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 2202 Pengunjung
istimewa

Denpasar, suaradewata.com - Saat malam pengerupukan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar telah menyiagakan sedikitnya 1.100 personel "Pasukan Ijo" saat malam tahun baru Caka 1941.

Ini ditafsir adanya peningkatan sampah biasanya terjadi saat malam pengerupukan yang identik dengan mengarak ogoh-ogoh. Selain itu DLHK Kota Denpasar turut menyertakan sebanyak 73 armada.

Kadis LHK Kota Denpasar, I Ketut Wisada menjelaskan bahwa peningkatan sampah identik terjadi saat pelaksanaan hari besar keagamaan. Namun khusus saat malam pengerupukan peningkatan sampah sisa ogoh-ogoh diprediksi mencapai 15 Ton. 

“Peningkatan volume sampah pasca pengerupukan diprediksi mencapai 15 Ton yang didominasi sampah ogoh-ogoh serta sisia upacara,” ujar Wisada, Selasa (5/3).

Kata dia 73 armda yang dikerahkan terdiri dari truk angkutan, moci, pasukan, byson serta Hilux yang tersebar di empat kecamatan.

“Kami tidak hanya menangani sampah ogoh-ogoh saja, melainkan sampah rutin dari masyarakat yang juga mengalami peningkatan harus ditangani dengan maksimal agar pelaksanaan Catur Bratha Penyepian dapat terlaksana dengan khidmat,” jelas Wisada.

Pihaknya juga menghimbau bagi seluruh sekehe teruna dan masyarakat utamanya yang mengarak ogoh-ogoh hingga Kawasan Catur Muka untuk tidak membuang sampah ogoh-ogoh di jalanan. Melainkan langsung di pralina di setra masing-masing desa sesuai dengan sastra agama dan Surat Edaran (SE) Walikota Denpasar. mot/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER