Klungkung Gelar Festival Bahari

  • 22 Mei 2018
  • 00:00 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 2687 Pengunjung
suaradewata

Klungkung, Suaradewata.com- Dalam rangka memperingati hari Nelayan Nasional ke 58, serta meningkatkan kecintaan terhadap bahari, Pemerintah Kabupaten Klungkung melalui Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (PPK) Kabupaten Klungkung menggelar Festival Bahari 2018 di Wantilan Pura Segara, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung Senin (21/5). Dibuka oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Ketut Suayadnya, event yang baru digelar untuk pertama kalinya ini akan berlangsung selama tiga hari mulai dari 21 s/d 23 Mei 2018.

Kadis PPK Wayan Durma yang sekaligus sebagai Ketua Panitia dalam laporannya mengatakan digelarnya kegiatan ini adalah sebagai upaya meningkatkan kecintaan terhadap laut dan bahari. Menurutnya jumlah nelayan di kabupaten klungkung terus berkurang akibat kurangnya minat generasi muda menekuni profesi ini. Selain itu para nelayan juga eggan melaut akibat faktor cuaca yang menyebabkan berkurangnya tangkapan ikan.   

Atas kondisi itulah Pemkab Klungkung menggelar Festivalbahari  tahun2018 selain bertujuan untuk meningkatkan harkat dan martabat taraf hidup nelayan serta pelaku usaha melalui peningkatan produksi, produktivitas nelayan dan petani garam. Ditambahkan, khusus untuk pengembangan usaha, pemerintah menyediakan sumber pebiayaan yang murah , mudah dan terjangkau melalui kredit KUR.

Dalam event ini akan diselenggarakan berbagai kegiatan diantaranya sarasehan temu kemitraan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha perikanan dan keluarga. Selain itu digelar pula lomba  lomba diantaranya Lomba Mancing, Lomba Perahu Hias, lomba merajut jaring dan lomba photo bahari untuk tingkat SMA/SMK.

Sementara itu Pemkab Klungkung yang diwakili Asisten Ketut Suayadnya dalam pidatonya mengucapkan rasa syukurnya karena Festival Bahari tahun 2018 bisa diselenggarakan meskipun mundur dari jadwal yang semestinya. Penyelenggaraan yang semestinya bertepatan dengan peringatan hari Nelayan Nasional pada 6 April lalu mesti dimundurkan hingga Mei 21 dikarenakan lokasi event dipergunakan oleh warga Desa Pekraman Kusamba.     

Dirinya juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk lebih banyak mengkonsumsi ikan karena ikan mengandung unsur yang berguna dan bermanfaat bagi tubuh manusia seperti omega 3, 6 dan 9 yang bermanfaat bagi kecerdasan otak. “ Semoga melalui event ini akan dapat meningkatkan taraf hidup para nelayan melalui kegiatan kegiatan ketrampilan serta menumbuh kembangkan kewirausahaan nelayan melalui temu kemitraan para pelaku usaha dan pihak perbankan.” Ujar  Ketut Suayadnya.

Upacara pembukaan festival bahari ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Ketut Suayadnya didampingi kadis Kelutan dan Perikanan Provinsi Bali serta Kadis PPK Wayan Durma. Dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis Klaim Asuransi Nelayan kepada ahli waris Wayan Rudita serta bantuan beras Toko Tani Indonesia kepada KK Miskin. Diakhiri acara diisi dengan peninjauan stand pameran kuliner berupa berbagai produk olahan masakan ikan laut oleh para undangan. ars/rat


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER