Penanganan Masyarakat Miskin Menggunakan Cara Proporsional

  • 20 Januari 2017
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 3139 Pengunjung
suaradewata.com
Klungkung, suaradewata.com - Penanganan masyarakat miskin menggunakan cara Proporsional (sesuai kebutuhan masyarakat miskin). "Kepala SKPD ubah pola pikir agar tidak terus-terusan berbicara masalah kemiskinan yang tidak akan pernah berakhir jika hanya menggunakan cara-cara konvensional", ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam program Pemerintah Beda Desa yang diadakan di desa Gunaksa Kamis, (19/01) kemarin.
 
Pemerintah Kabupaten Klungkung terus berupaya membangun Kabupaten Klungkung dengan menggunakan konsep Nasional yakni pembangunan dari desa. Pada program bedah desa ke-27 di desa Gunaksa, Pemerintah Kabupaten Klungkung secara khusus akan mencarikan solusi tentang kemiskinan dengan berbagai persyaratan, misalnya pada bedah rumah secara nasional indikatornya harus mempunyai lahan dan lahan itu harus cukup, sesuai ukuran daripada bedah rumah yang sudah ditentukan. Dari pengamatan Pemerintah Kabupaten Klungkung selama melakukan bedah desa di Desa Gunaksa maupun bedah desa didesa lain, banyak masyarakat kategori miskin akan terlewati, hal itu terjadi karena banyak masyarakat miskin di Kabupaten Klungkung yang tidak mempunyai lahan, hidup sebatang kara, hidup dengan satu keluarga tapi semuanya menderita penyakit, dan mereka bekerja sebagai penggarap (pekerjaan mengolah lahan milik orang lain).
 
 
Hampir masyarakat yang dikunjungi dalam program bedah desa mengalami kondisi rumah sudah tidak layak huni. Pemerintah Klungkung bersama Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung mencari solusi dan mengambil tindakan nyata, Seperti masyarakat yang tidak memiliki lahan dan rumah, pemerintah akan mencoba berkoordinasi dengan pemilik tanah, kalau memungkinkan masyarakat ini akan diberikan surat keterangan dari pemilik lahan yang mengijinkan mereka tinggal di lahan tersebut, dengan catatan masyarakat miskin mampu melakukan aktivitas, maka pemerintah akan memberikan bantuan sosial yakni pembangunan rumah layak huni di tanah tersebut.
 
Dalam program Bedah Desa Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Ny Ayu Suwirta didampingi Kepala SKPD Pemerintah Kabupaten Klungkung menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat miskin di Desa Gunaksa, diantaranya Nyoman Midig (80), Ni Wayan Rasi (65), I Ketut Ruka (65), Ni Wayan Sari (32), Nyoman Tamped (49), Wayan Murya (75), Ketut Sumiarta (45), Ni Wayan Sari (32), I Nyoman Tamped (49), I Nengah Kepreg (65),I Wayan Murya (75), NI Made Narti (60), I Nyoman Nirta (64), I Putu Wardana (28),  Wayan Plesur (84). jul/ari

TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER