Hingga Nopember Awal Kunjungan Tanah Lot Tembus 3 Juta Orang

  • 21 November 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3475 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com – Sejak awal tahun hingga awal Nopember 2016 kunjungan wisatawan ke kawasan wisata Tanah Lot, Kediri Tabanan cukup fantastis. Dari data DTW Tanah Lot jumlah kunjungan yang tercatat ke kawasan yang mengandalkan keindahan panorama alam itu menyentuh angka 3.074.633 wisatawan. "Rata-rata dalam sebulan kami mampu menerima kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik mencapai 290.771 orang," ungkap Manajer Operasional DTW Tanah Lot, I Ketut Toya Adnyana, Senin, (21/11/2016).

Dari jumlah tersebut kata dia perbandingan antara wisatawan mancanegara dan domestic berimbang dan tidak terpaut jauh. Untuk wisatawa mancanegara kata dia berjumlah 1.589.629 juta wisatawan sedangkan untuk jumlah wisatawan domestic sebanyak 1.485.004 juta wisatawan. “Jadi dalam catatan kami perbandingannya hanya 52% mancanegara dan 48 % domestic,” ucapnya.

Untuk wisatawan mancanegara dikatakan masih didominasi oleh wisatawan dari Tiongkok, Taiwan, Australia dan Jepang. Sedangkan untuk wisatawan domestic didominasi wisatawan dari pulau jawa. Diapun berharap untuk kunjungan tahun ini bisa melebih kunjungan tahun sebelumnya. Sebagai catatan, untuk jumlah kunjungan ke Tanah Lot pada 2015 lalu mencapai angka 3.179.617 wisatawan. “Kami berharap untuk tahun ini yang masih sisa waktu satu bulan lebih bisa melebihi kunjungan tahun sebelumnya,” harap Toya Adnyana.

Banyaknya jumlah kunjungan wisatawan ke Tanah Lot kata dia tidak terlepas dari kenyamanan dan keselamatan yang harus diutamakan kepada pengunjung. Pihak pengelola Tanah Lot memberikan kenyamanan kepada pengunjung dengan terus berupaya melakukan perbaikan infrastruktur daya tarik wisata itu. “Bulan ini kami masih dalam penataan infrastruktur yakni penataan kios-kios pedasaran dan pemavingan di jalur tengah. Targetnya akhir tahun semua bisa terselesaikan”, tambahnya.

Sedangkan, untuk menjaga keamanan para pengunjung yang menikmati obyek wisata itu tersebut, pihaknya juga melibatkan puluhan pecalang, satpam, dan enam personel Balawista. Disamping itu 24 unit CCTV stand by mengawasi areal-areal strategis di kawasan. "Dengan melakukan upaya tersebut diharapkan dapat terus menambah kunjungan wisatawan ke Tanah Lot," tambah Toya. jer/gin

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER