Pohon Kelapa Hantam Rumah Warga, Pohon Bambu Timbun Ruas Jalan

  • 29 September 2016
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 4400 Pengunjung
suaradewata
Bangli, suaradewata.com – Bencana akibat hujan disertai angin kencang menerjang wilayah Kabupaten Bangli, Kamis (29/9/2016). Akibatnya, di dua Kecamatan yakni Kecamatan Bangli dan Tembuku yang paling parah terkena imbasnya. Dikecamatan Bangli dilaporkan sejumlah pohon bertumbangan dan salah satunya hingga menghantam rumah warga hingga porak-poranda. Sementara di Tembuku, sejumlah pohon tumbang mengkibatkan ruas jalan di dusun Penida Kaja, lumpuh total dan jaringan listrik rusak.
 
Sesuai informasi yang dihimpun dilapangan, hujan deras yang berlangsung cukup singkat tersebut menyebaban pohon kelapa milik I Ketut Sedana Arta,warga Kelurahan Kubu, Bangli tumbang, sekitar pukul 14.00 Wita. Apesnya tumbangnya pohon tersebut tepat menghantam rumah rumah milik I Wayan Sudarpa hingga porak-poranda.
 
Kerusakan parah terjadi pada bagian atap hingga jebol dengan kerugian ditaksir mencapai Rp 50 juta. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Menurut penuturan korban, beruntung saat kejadian dirinya sedang bekerja di bangunan bagian yang lain sehingga terhindar dari maut. Dijelaskan, saat itu hujan lebat disertai angin kencang tiba-tiba saja melanda. “Pohon kelapa yang tumbang ini, milik tetangga saya,” ungkapnya.  
 
Disampaikan, sebelum kejadian terebut pihaknya sempat mengeluhkan keberadaan pohon kelapa setinggi sekitar 30 meter yang tumbuh diselatan rumahnya. Sementara pemilik pohon tersebut, sejatinya juga sudah merelakan pohonnya ditebang. “Hanya saja, saya yang justru disuruh mencarikan tukap potong,” ungkapnya.
 
Sementara itu, setelah menerima laporan adanya bencana tersebut, BPBD Bangli bersama Kapolsek Bangli, Danramil, Lurah serta jajarannya langsung turun ke lokasi untuk membantu proses evakuasi dan pembersihan. “Setelah menerima laporan itu, kami langsung turun melakukan pembersihan pohon yang tumbang,” jelas I Ketut Agus Sutapa, Kasi Logistik Dan Kedaruratan BPBD Bangli.
 
Disampaikan juga, dampak terjangan hujan disertai angin kencang juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang di desa Tembuku, Kecamatan Tembuku. “Kondisi cukup parah terjadi, tepatnya terjadi di ruas jalan Penida Kaja, tertimbun satu rumpun pohon bamboo hingga menyebabkan ruas jalan tersebut lumpuh total,” ungkapnya.
 
Meski demikian, dalam hitungan sekitar sejam kondisi tersebut telah langsung bisa diatasi petugas dibantu warga setempat sehingga akses jalan tersebut sudah kembali normal. Dilaporkan juga, akibat banyaknya pohon tumbang, jaringan listrik didusun setempat menjadi rusak sehingga terjadi pemadaman untuk sementara.
 
Untuk itu, BPBD kembali mewarning masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaanya untuk tanggap bencana ditengah ancaman cuaca buruk hujan disertai angin yang diperkiraan masih berpeluang terjadi hingga beberapa hari kedepan. ard/hai

TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER