Ini Respon Dinas PU Tabanan Terkait Amblesnya Jalan Tajen-Tunjuk

  • 14 Juli 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3797 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Sehari setelah ditemukan ambles oleh warga dan dilaporkan pihak kecamatan, jalan di perbatasan Desa Tajen, Kecamatan Penebel dengan Desa Tunjuk, Kecamatan Tabanan disurvei pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tabanan. Dari hasil pantauan tersebut, Dinas PU menilai perbaikan terhadap jalan tersebut memerlukan konstruksi yang tidak sederhana.

Seperti dijelaskan Kepala Dinas PU Tabanan I Gusti Ngurah Anom Antara saat dijumpai pada Kamis (14/7/2016), pihaknya saat ini sudah mengantongi data terkait tingkat kerusakan. Sesuai hasil survei yang telah dilakukan pihaknya sehari setelah dilaporkan warga atau pada Rabu (13/7/2016).

“Kami sudah survei ke lokasi. Hasilnya sudah kami sampaikan ke bupati. Yang jelas, untuk perbaikannya memerlukan konstruksi yang tidak simpel,” ungkap Anom Antara.

Selain sudah mengantongi hasil survei, pihaknya juga sedang menyusun studi perencanaan untuk perbaikannya. Serta, mengusulkan untuk melakukan penyusunan desain detail terlebih dulu yang tentunya memerlukan waktu.

"Kami usulkan untuk mengadakan detail desain terlebih dahulu. Kajian sementara kami, kemungkinan bisa dipakai box culvert. Tapi itupun harus menunggu hasil detail design,” imbuhnya.

Untuk sementara, sambungnya, agar jalan itu bisa dilalui perlu dilakukan pembatasan jenis kendaraan yang boleh melintas selain pemasangan rambu darurat. Dikatakan, kendaraan yang bisa melintas di jalur itu hanya motor dan mobil dengan kecepatan rendah. Pembatasan ini dilakukan untuk mengurangi tekanan dan getaran yang berimbas pada menurunnya permukaan jalan.

"Yang bisa lewat sejauh ini hanya roda dua dan roda empat. Itupun harus dengan kecepatan rendah,” pungkasnya. ang/hai


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER