Jalur Mudik dialihkan ke gang dan pasar, Diprotes

  • 22 Juli 2014
  • 00:00 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 1473 Pengunjung

Gilimanuk, suaradewata.com – Jalur mudik yang menggunakan mobil pribadi tahun ini dialihkan dengan memanfaatkan gang-gang permukiman penduduk dan tidak melintasi depan Pasar Gilimanuk.   Kontan saja hal itu membuat warga dan pedagang di Pasar Umum Gilimanuk geram dan  mendatangi Polsek Kawasan laut Gilimanuk guna melakukan protes, Selasa (22/7)

Perwakilan warga serta pedagang di pasar gilimanuk menyampaikan unek-uneknya terkait dengan pengalihan jalur tersebut. Para warga dan pegang menginginkan, bahkan dari perwakilannya meminta kebijakan serta solusi yang tidak merugikan para warga serta para pedagang yang ada di pasar Gilimanuk. 

Salah satu warga di Lingkungan Asih, Kelurahan Gilimanuk, Dedi Rahmadi,42 mengatakan,  pada prinsipnya setuju ada pengalihan, hanya saja pihaknya juga berharap saat situasi masih sepi, mobil dibiarkan melintas jalur utama (depan Pasar Gilimanuk).  Hal senada diungkapkan oleh Ketua RT 01, Hendri Murtopo mengatakan di satu sisi pengalihan ini tepat, namun di sisi lain merugikan para pedagang. Pihaknya berharap supaya kendaraan yang melintas gang saat arus masih sepi, agar pelan-pelan.

Sementara salah satu pedagang pasar Ni Kadek Ayu Astini,41 mengatakan, dirinya bersama para pedagang lain semuanya merasa keberatan dengan dialihkannya jalur mudik tahun ini. “Kalau dialihkan seperti ini sudah pasti dagangan kami sepi. Ini momen yang selalu kami tunggu-tunggu lantaran setahun sekali. Ini bukan kami saja namun kami mewakili teman-teman pedagang lainnya, lantaran imbasnya sudah pasti sepi kalau jalur mudik ini dialihkan,” jelasnya

Dipihak lain Kanit Lantas Polsek Kawasan Laut Gilimanuk, AKP Made Suwendra mengatakan mobil pribadi dan box dialihkan ke tiga gang yang melalui permukiman penduduk.  Dengan harapan  antrean tidak menumpuk pada jalur utama. Di setiap perempatan gang disiagakan polisi dan pos pantau. Jalur mudik kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun ini jalur mudik dialihkan ke gang-gang permukiman penduduk dan tidak melintasi depan Pasar Gilimanuk. “Jalur Mudik nanti kendaraan pribadi masuk Gelong Kori dibelokkan ke kiri tembus ke Terminal Kargo lanjut ke loket tiket Pelabuhan. Sedangkan jalur di depan Pasar Gilimanuk hanya untuk truk, bus dan sepeda motor,” katanya. dem


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER