Sehari Jelang Pengumuman, Tabanan Gelar Deklarasi Damai

  • 22 Juli 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2374 Pengunjung

Tabanan, suaradewatacom - Mengantisipasi konflik horizontal pasca penguman KPU pusat terkait siapa pemenang pilpres Selasa, (22/7), Tabanan langkah preventif. Dimotori Kapolres dan Dandim 1619/Tbn mengajak kedua tim sukses, elemen masyarakat baik tokoh lintas agama hingga LSM untuk melakukan gerakan bertajuk “Deklarasi Damai Pendukung Capres dan Cawapres menuju Tabanan Serasi,” Senin,(21/7) di lapangan Dangin Carik Tabanan.

Deklarasi damai itu ditandai dengan apel bersama baik TNI/Polri, Ketua Tim Sukses Prabowo – Hatta dan Jokowi –JK, Ida Cokorda Anglurah Tabanan, Penglingsir Puri Kerambitan, Penglingsir Puri Kaba-Kaba, Forum Komunikasi Umat Beragama, LSM seperti LSM Laskar Bali, Pemuda Bali Bersatu, Baladika, Balanusa, dan yang lainnya. Tidak ketinggalan juga digandeng KPU Tabanan serta para siswa SMA di Tabanan.

Kapolres Tabanan , AKBP Dekananto dan Dandim 1619/Tbn Letkol Inf. Rudi Hermawan sebagai penggagas acara ini mengatakan deklarasi ini berangkat dari keprihatinan melihat situasi pasca pencoblosan 9 Juli lalu dimana berkembang dinamika yang merasahkan ditengah masyarakat. “Melihat dinamika yang berkembang cukup meresahkan dimasyarakat kami merasa perlu menunjukkan dan memastikan keamanan bagi masyarakat khususnya Tabanan,” jelasnya. Dikatakan dalam beberapa waktu lalu masyarakat telah dengan sukses menggelar agenda politik dari pemilihan gubernur, pemilihan legislative, dan pilpres berkat sinergi semua pihak. “ Kami hanya ingin meyakinkan bahwa elit partai tidak pernah berkonfrontasi dan besok tanggal 22 ( hari ini –red) hasil pilpres diumumkan KPU. Dan kami yakin Tabanan aman dan terkendali, siapapun presidennya Tabanan harus tetap aman,” tegas Dekananto didampingi Rudi Hermawan berapi-api.

Sementara  Wakil Bupati Tabanan IKG Sanjaya menyambut baik inisiatif deklarasi damai yang digagas Kapolres dan Dandim Tabanan. “Kami di Tabana siap menerima apapun hasil Pilpres dan mengamankanya,” tandas Sanjaya. Pihaknya juga akan menugaskan para camat untuk segera menyampaikan hasil deklarasi damai agar sampai hingga jajaran tingkat bawah.

Begitu juga Ketua Tim Sukses Prabowo – Hatta, I Nyoman Wirya dan Ketua Tim Sukses Jokowi – JK, I Ketut Suryadi yang secara bergantian diberikan kesempatan menyampaikan pernyataan sikapnya di depan podium. Keduanya sapakat menerima hasil pemilu presiden yang diumumkan KPU besok ( hari ini ).Dan siap mengamankan hasil tersebut. Pernyataan sikap sepakat membuat Tabanan aman juga disampaikan beberapa anggota LSM yang hadir dalam deklarasi tersebut. Senada,  Ida Cokorda Anglurah Tabanan, pelinggsir puri kerambitan dan kaba-kaba  siap menerima hasil pilpres dan Tabanan aman damai. gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER