Pesta Kesenian Bali : Ajang Ekpresi Seniman dan Wujud Aspirasi Masyarakat

  • 14 Juli 2014
  • 00:00 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 2134 Pengunjung

Setelah selama satu bulan penuh digelar sejak 13 Juni lalu akhirnya ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke 36 ditutup secara resmi oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang ditandai dengan pemukulan kulkul di Panggung Terbuka Ardha Candra Taman Budaya Denpasar, Sabtu malam (12/7). Acara penutupan PKB ini dimeriahkan oleh pementasan Sendratari Kolosal berjudul Hastina Praja Werdhi persembahan dari para siswa SMK Negeri 3 Sukawati Gianyar.

Dalam sambutannya Gubernur Pastika mengatakan PKB merupakan wadah bagi para seniman dan budayawan untuk berekpresi dalam mengembangkan kreativitas seni dan budaya Balim sedangkan bagi masyarakat Pesta Kesenian Bali benar-benar telah menjadi ruang apresiasi terhadap ragam kekayaan budaya daerah yang adiluhung, sebagai cerminan masih lestarinya warisan budaya yang mampu menjadi wahana komunikasi antar seniman, memperkuat landasan dan mempertahankan eksistensi Budaya Bali dari gempuran dan penetrasi budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai satwam, siwam, sundaram.

Pastika berharap PKB yang dinikmati oleh masyarakat sampai kepedesaan bahkan masyarakat internasional ini dapat berapresiasi dan mengembangkan bakat yang mereka miliki. “Para seniman dan budayawan telah menjadikan PKB sebagai ruang berekresi sementara masyarakat menjadikannya sebagai ruang untuk memberikan apresiasi pada seluruh karya seni dan budaya itu, “ demikian ujarnya bangga.

Diakhir sambutannya Gubernur Pastika mengatakan bahwa Pemprov. Bali akan selalu konsisten memberikan perhatian serius pada pemberdayaan para seniman dan budayawan melalui program secara terintegrasi. Karena pembinaan yang intensif dan berkesinambungan menjadi salah satu motivasi bagi seluruh komponen masyarakat untuk mencintai dan mengembangkan warisah budaya yang adiluhung ini.

Pada kesempatan itu diserahkan pula piagam penghargaan dan hadiah kepada juara pemenang pertama berbagai seni pertunjukan dalam rangka pelaksanaan PKB Tahun 2014, diantaranya Lomba Gender Wayang Anak-Anak, Lomba Baleganjur Tingkat Remaja, Lomba Wayang Parwa Tingkat Anak-Anak, Lomba Taman Penasar, Lomba Gong Kebyar, Lomba Nyastra Katagori Pidato Bahasa Bali, Lomba Nyastra Katagori Ngarang Satwa Bali dan lomba-lomba lainnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Ny. Ayu Pastika, Wakil Gubernur Bali beserta Ny. Dayu Sudikerta, Kapolda Bali, Bupati/Walikota se Bali, SKPD dilingkungan Pemprov. Bali, Tokoh Seniman, Budayawan dan masyarakat Bali. (SB-ant)


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER