Petani Gagal Penen Kecipratan Beras Cadangan Pemerintah

  • 07 Januari 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2799 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com– Sejumlah petani di Subak Lanyah Delod Jalan, Tanguntiti, Selemadeg Timur yang mengalami gagal panen akibat musim kemarau bisa sedikit bernapas. Pasalnya guna meringankan beban petani, Pemkab Tabanan menyerahkan  Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) kepada petani yang gagal panen itu, Kamis (07/1).

Disela-sela menyerahkan beras Cadangan tersebut, Pj Bupati Sugiada mengatakan mulai bulan Juli hingga Desember tahun 2015 terjadi perubahan iklim yang ekstrim. Hal ini berdampak pada penurunan sumber air yang cukup drastis, sehingga mengganggu siklus dan pola tanaman khususnya pada pertanian lahan basah (Padi) serta terjadi penurunan produksi beras yang dihasilkan petani. “Kondisi itu kata dia menimbulkan kerawanan Pangan bagi masyarakat petani karena gagal panen,” ucapnya. Dan berdasarkan laporan dari Pekaseh Subak di 6 Kecamatan 17 Desa Di kabupaten Tabanan dan atas Dasar Peraturan Perundang-undangan yang berlaku, telah ditetapkan bahwa ini merupakan sebagai Bencana yang harus mendapatkan penanganan. Dan sebagai wujud kepedulian pemkab, pihaknya menyerahkan bantuan cadangan beras kepada petani khususnya yang mengalami gagal panen.

Sugiada juga berharap, masyarakat yang mendapatkan bantuan dapat memanfaatkannya dengan baik sehingga dapat meringankan beban masyarakat. “Krama Subak yang menerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya dan mudah-mudahan dapat meringankan beban biaya kebutuhan konsumsi khususnya beras”, tutupnya

Sementara Kabag SDA Kabupaten Tabanan I Gusti Putu Ekayana melaporkan berdasarkan hasil validasi data sesuai dengan permohonan dari para pekaseh dapat direalisasikan sebagai berikut, CBP sebanyak 54.023 kg untuk 9.647 jiwa tersebar di 6 Kecamatan dan 21 Subak sedangkan CPP sebanyak 1.617 kg untuk 291 jiwa di Desa Gubug dan Desa Sudimara, Tabanan.

Ditambahkan,  bahwa CBP adalah beras milik Pemerintah yang pengadaannya didanai oleh anggaran pendapatan dan belanja Negara (APBD) sebagai Cadangan Beras Nasional yang dikelola oleh Perum Bulog. Dan CPP merupakan persediaan pangan yang juga dikelola Pemerintah untuk memenuhi pangan dalam keadaan darurat dan kerawanan pangan. Dan saat ini yang digunakan adalah CPP Pemerintah Kabupaten Tabanan. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER