Hari Ibu, Petugas Apel Adalah Kaum Perempuan

  • 22 Desember 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2750 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com -Apel peringatan HUT ke 87 Hari Ibu di Kabupaten Tabanan terbilang menarik, karena para petugas apel yang biasanya didominasi kaum pria, khusus peringatan hari ibu diambil alih oleh kaum perempuan. Mulai dari pemimpin upacara, pembaca UUD 45, petugas pengibar bendera dan pembaca doa terlihat sangat antusias menjalankan tugasnya. Apel dilaksanakan di Lapangan Alit Saputra Tabanan, Selasa (22/12).

Pj. Bupati Tabanan Wayan Sugiada selaku inspektur upacara mengatakan hakekat peringatan Hari Ibu setiap tahunnya mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda bahwa Hari Ibu adalah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. "Sebagai apresiasi terhadap perjuangan kaum perempuan, peringatan Hari Ibu ditetapkan setiap tanggal 22 Desember sebagai hari nasional," ujarnya.

Pihaknya berharap peringatan Hari Ibu dapat mendorong semua pihak untuk memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor kehidupan. "Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar dan memahami serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki. Keduanya bisa menjadi mitra dalam setiap aspek kehidupan," imbuhnya.

Menurutnya telah banyak keberhasilan dan kemajuan yang dicapai perempuan Indonesia, namun tidak dipungkiri bahwa kondisi perempuan dan anak rentan dari berbagai kekerasan, eksploitasi dan perlakuan diskriminatif. "Perempuan dan anak sangat potensial menjadi korban kekerasan. Karenanya semua pihak harus bisa menciptakan lingkungan yang kondusif agar perempuan dan anak bisa terhindar dari kekerasan," ungkakpnya.

Apel peringatan Hari Ibu kali ini juga dirangkaikan dengan Hari Bakti Transmigrasi, Hari Nusantara, Hari Perkebunan, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Hari Bela Negara. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER