PNS Diajak Bersihkan Pantai dan Lepas Tukik

  • 27 November 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2942 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Serangkaian acara HUT Kota Tabanan ke -522 yang puncaknya pada 30 Nopember 2015 mendatang, Pemkab Tabanan mengajak para pegawainya peduli lingkungan. Para PNS dilingkungan Pemkab Tabanan serta masyarakat diajak bersihb-bersih disepanjang pantai Yeh Gangga, Desa Sudimara, Tabanan. Selain bersih-bersih pantai, mereka juga melepas 50 ekor tukik jenis penyu lekang dan penyu hijau di pantai tersebut, Jumat (27/11).

Sekkab Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa mengatakan Tabanan adalah Daerah tujuan wisata yang mengandalkan daya tarik alam dan budaya, yang salah satunya adalah pantai sepanjang kurang lebih 35 km. Disamping adanya satwa unik seperti kura-kura dan hutan mangrove yang perlu dilestarikan. “Kondisi pantai yang kita miliki mempunyai akses langsung dengan sungai-sungai besar yang ada di wilayah Kabupaten Tabanan. Ini memerlukan perhatian kita bersama, karena sampah yang hanyut dari hulu menodai keindahan pantai soal sampah ini harus menjadi tanggung jawab kita semua, jangan hanya diserahkan kepada Pemerintah dan masyarakat pesisir saja,” bebernya.

Dia juga mengatakan, mengingat Penyu adalah satwa yang dilindungi sehingga dalam pelestariaannya, SKPD yang mempunyai kewenangan seperti Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Badan Lingkungan Hidup, dan Badan Konservasi Sumer Daya Alam hendaknya bisa duduk bersama-sama. “Bagaimana agar para penangkar penyu disekitaran Tabanan bisa melangsungkan kegiatannya sesuai dengan rencana kelompok penangkar penyu, dimana salah satu rencananya menjadikan obyek wisata berbasis penyu”, jelasnya.

Dan kedepan SKPD yang mempunyai kewenangan tentang pelestarian penyu harus mampu melakukan langkah-langkah konkrit dan bekerjasama dengan pemangku kepentingan, sehingga penangkaran tukik bisa dilakukan secara berkelanjutan, tutup pihaknya.

Sebelum pelepasan tukik yakni jenis penyu lekang dan penyu hijau, Wirna Ariwangsa beserta perwakilan Muspida dan SKPD, PNS serta masyarakat yang hadir, melakukan penanaman pohon dan apel bersama di Pantai Yeh Gangga. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER