Siswa SD Dicekoki Gerakan Gemar Makan Ikan

  • 27 November 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 4348 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Dari data statistik 2014 tingkat konsumsi ikan di Tabanan masih rendah yakni hanya 28,4/Kg/kapita/tahun. Angka itu bahkan lebih rendah dibanding tingkat konsumsi ikan provinsi Bali sebesar 32,31 KG/Kapita/Tahun. Kondisi itu membuat pemkab Tabanan melalui Dinas Peikanan Tabanan menggalakkan kampanye gerakan makan ikan. Gerakan makan ikan itu diikuti 565 anak dari pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan 35 anak Tingkat Dasar (TK) di di Gedung Maria Tabanan, Jumat (28/11).

Sekda Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa mewakili Penjabat Bupati mengatakan kegiatan ini serangkaian Hut Kota Tabanan ke 522. Dijelaskan dari statistik tahun 2014 tingkat konsumsi ikan di Tabanan masih rendah yakni hanya 28,4/KG/Kapita/Tahun. “Angka ini lebih rendah dibanding tingkat konsumsi ikan nasional dan Provinsi Bali,” ujarnya. Atas dasar itu pihaknya menempuh langkah-langkah guna meningkatkan tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Tabanan. Salah satunya pemberdayaan pelaku utama perikanan baik di sektor hulu maupun sektor hilir. Sehingga mampu memproduksi ikan dan membuat aneka olahan ikan yang bergizi tinggi, terjangkau dan digemari masyarakat. “Pemberdayaan pelaku perikanan dan sektor perlu dilakukan agar dapat meningkatkan minat dan konsumsi ikan,” katanya. Selain itu pihaknya juga melakukan Kampanye Gerakan Makan Ikan Bagi Anak TK/PAUD, SD, Ibu hamil/menyusui. “Melalui kesempatan ini saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Tabanan, mari kita mengkampanyekan Gerakan Gemar Makan Ikan untuk mewujudkan visi pemerintah Kabupaten Tabanan,” ujarnya.   

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan I Made Subagia, menjelaskan tujuan dari gerakan makan ikan ini adalah menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya mengkonsumsi ikan, meningkatkan gizi , serta meningkatkan pengenalan produk aneka hasil olahan ikan yang telah diproduksi Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLASHAR) Tabanan kepada masyarakat. “Tujuan dari sosialisasi dan kampanye Gerakan Gemar Makan Ikan ini antara lain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi ikan, meningkatkan gizi, serta pengenalan olahan ikan pada masyarakat,” jelasnya.

Anak-anak peserta gemar makan ikan terlihat sangat menikmati kegiatan yang dikemas secara edukatif dan menyenangkan ini. Peserta yang mencapai lebih dari 500 anak  ini diajak untuk bersama-sama makan makanan produksi olahan ikan yang diproduksi oleh para Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR) Tabanan. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER