Gertak Birahi, Tingkatkan Populasi Sapi di Bangli

  • 26 November 2015
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 3031 Pengunjung

Bangli, Suaradewata.com – Guna meningkatkan populasi sapi di Bangli, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bangli terus melakukan upaya. Salah satunya ditempuh melalui progam Gertak Birahi yang digelontorkan Dinas Peternakan Propinsi Bali. Terlebih, Kabupaten Bangli diyakini sebagai daerah yang potensial dalam pengembangan populasi sapi. Demikian disampaikan Kadis Peternakan dan Perikanan Bangli  I Wayan Sukartana, Rabu (24/11/2015). “Melalui program gertak birahi ini, Bangli mendapatkan jatah sekitar 7.000 ekor,” tegasnya. 

Dikatakan, program yang telah dimulai awal Oktober lalu itu kini tengah berjalan dan petugas PPL juga terus bekerja di lapangan.  Dijelaskan, dalam program ini peternak mendapatkan pelayanan berupa perangsangan birahi hingga kawin suntik (IB). Dalam pelaksanaan di lapangan, petugas akan mendatangi peternak yang memiliki sapi betina. Apalagi sapinya betina yang selama ini lambat berahi. “Program ini berjalan sekitar 3 bulan. Selanjutnya akan dievaluasi oleh Disnak Pemrop Bali,”jelasnya.

Lantaran sangat membantu petani, diakui, program ini mendapat sambutan yang positif dari masyarakat khususnya kaum petani. Dari hasil pantauan Disnak, kendala pengembangan sapi di Bangli terjadi karena kendala pakan. Terutama saat memasuki musim kamarau seperti sekarang ini. Untuk masalah ini, lanjut dia, pihaknya akan berupaya memberikan pembinaan kepada petani untuk membuat permentasi makanan. Dengan demikian, saat pakan berlimpah peternak bisa membuat pakan cadangan.rid


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER