Pataka Pahlawan Ngurah Rai Tiba di Tabanan

  • 19 November 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3885 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com - Perjalanan pataka panji-panji perjuangan dan surat sakti I Gusti Ngurah Rai dari Kabupaten Jembrana, tiba di Kabupaten Tabanan, Kamis (19/11) pagi. Serah terima dilakukan di ujung barat Kabupaten Tabanan, tepatnya di Lapangan Umum Surabrata, Desa Surabrata Kecamatan Selemadeg Barat.

Apel serah terima diawali dengan pembacaan Surat Kapten JBT Konig kepada Pemimpin Dewan Perjuangan Bali, I Gusti Ngurah Rai kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat balasan dari I Gusti Ngurah Rai kepada JBT Konig. Setelah itu, serah terima pataka panji-panji dari Surat Sakti I Ngurah Rai dari rombongan PPM Kabupaten Jembrana kepada PPM Kabupaten Tabanan.

Staf ahli Bupati bidang kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Tabanan Nyoman Sumartana didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tabanan Putu Santika mengatakan, perjuangan dan pengorbanan I Gusti Ngurah Rai dalam melawan penjajah patut kita jadikan inspirasi untuk mempertahankan tanah air tercinta. Menurutnya, perjuangan beliau harus diteruskan oleh generasi penerus bangsa dengan melakukan hal yang positif dalam mengisi pembangunan. "Pengorbanan dan perjuangan I Gusti Ngurah Rai merupakan motivasi bagi kita semua sebagai generasi penerus untuk tetap melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negara,"ungkapnya.

Pihaknya juga menyatakan rasa bangganya, karena salah satu putra Bali yakni I Gusti Ngurah Rai telah mampu mencatat sejarah baru bagi kemerdekaan bangsa Indonesia khususnya rakyat Bali. "Sebagai orang Bali kita harus bangga karena Gusti Ngurah Rai telah mampu mencatat sejarah baru bagi rakyat Bali. Mudah-mudahan nantinya akan lahir pahlawan-pahlawan lainnya dalam mengisi kemerdekaan," imbuhnya.

Sebelum tiba di Tabanan, napak tilas dengan kirab pataka panji-panji dan surat sakti I Gusti Ngurah Rai telah melewati Denpasar, Badung Gianyar, Bangli, Klungkung, Karangasem dan Jembrana. Pada setiap Kabupaten/Kota pataka panji-panji disemayamkan sehari sebelum diserahkan ke Kabupaten lainnya. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER