Anggaran Perbaikan Irigasi Tembus 4 Milyar

  • 18 November 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 4205 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com –Sebagai daerah pertanian Kabupaten Tabanan memiliki daerah irigasi sebanyak 242 dengan luas sawah 21 ribu hektar. Dari jumlah tersebut tidak jarang banyak yang mengalami kerusakan dikeluhkan oleh para petani. Disisi lain anggaran untuk perbaikan irigasi itu mencapai 4 milyar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Beberapa petani di wilayah Selemadeg Timur dan Baturiti mengeluhkan daerah irigasi di wilayah mereka yang tidak kunjung mendapatkan perbaikan. “Daerah irigasi kami banyak yang rusak dan perlu mendapat perbaikan, beruntung sekarang musim kemarau, jadi tidak begitu kelihatan, kalau musim hujan baru terasa bener” ucap bebera petani. Pihaknya berharap dimusim kemarau inilah seharusnya pemerintah melakukan perbaikan, sehingga tidak mengganggu pertanian.

Disisi lain Kadis Pekerjaan Umum (PU) Tabanan, I  Gusti Ngurah Anom Antara, Rabu (18/11) mengatakan hingga akhir tahun ini pihaknya tengah menggenjot perbaikan 20 daerah irigasi. Dari jumlah tersebut 90 persen sudah terealisasi. “Anggaran kita tahun ini untuk perbaikan irigasi mencapai 4 milyar dan baru teralisasi mencapai 70 persen,” tegasnya. Proses perbaikan DI tersebut sudah terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak terkait, sehingga tidak sampai mengganggu pola tanah petani. Program ini tersebar di seluruh 10  kecamatan yang ada di Kabupaten Tabanan.

Pihaknya yakni sampai akhirnya tahun, perbaikan irigasi yang ditargetkan tahun ini bisa teralisasi semuanya. Keyakinan itu bukan tanpa alasan, dari sisa waktu beberapa bulan pihaknya telah merampungkan perbaikan fisik mencapi 95%. “Kita optimis sesuai program kita tahun ini semua yang masuk dalam program perbaikan bisa kita selesaikan,”ucap Anom. ina

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER