21 Desa Gelar Pilkel Serentak

  • 08 November 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2897 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com - Untuk pertama kalinya semenjak diberlakukannya UU Desa No 6 Tahun 2015, Kabupaten Tabanan menggelar Pemilihan Perbekel  ( Pilkel) secara serentak di 21 Desa, Minggu (8/11). Meski hari Minggu, Pj. Bupati Tabanan didampingi Sekkab Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa meninjau langsung pemilihan Calon Perbekel di Desa Beraban Kediri.

Disela memantau pemilihan prebkel itu Wayan Sugiada mengatakan dengan jumlah pemilih serta luas wilayah di Kabupaten Tabanan, masyarakat dianggap sudah mampu melaksanakan pemilihan secara langsung. Hal ini bisa dilihat dari suksesnya pemilihan Presiden maupun Kepala Daerah yang sudah dilakukan sebelumnya. "Ini pembelajaran bagi masyarakat kita untuk bisa berdemokrasi. Mudah-mudahan Pemilihan langsung bisa berjalan lancar dan melahirkan pemimpin yang berkualitas untuk bisa membangun desanya," ungkapnya.

Pihaknya juga mengapresiasi warga Desa Beraban yang sudah melakukan hak pilihnya dengan baik. Hal ini juga diharapkan bisa dilakukan di desa lainnya. "Dari total 4.965 pemilih yang berasal dari 10 banjar dinas di Desa Beraban, hampir 99 persen sudah menyalurkan hak pilihnya. Ini menandakan antusiasme warga Tabanan untuk memilih pemimpin di tingkat desa sudah berjalan dengan baik, mudah-mudahan hal ini juga bisa dilakukan di desa lainnya," imbuhnya.

Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Tabanan IGN Supanji melaporkan, saat ini terdapat 21 Desa yang melakukan Pemilihan Perbekel secara langsung, dan 3 desa yang melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW). Menurutnya, semenjak diberlakukan UU Desa No 6 Tahun 2015, bila Perbekel berhenti pada saat masih menjabat baik karena meninggal maupun mengundurkan diri atau diberhentikan, maka diberlakukan PAW. "Terdapat 21 desa yang melakukan pemilihan secara langsung dan 3 desa yang PAW. Untuk tahun ini di Kecamatan Marga dan Tabanan tidak ada pemilihan Kepala Desa," ungkapnya.
Menurut hasil pantauan dari 21 desa yang melakukan pemilihan yakni dari Kecamatan Pupuan 7 desa, Selemadeg 4 desa, Selbar 2 desa,  Seltim 1 desa,  Penebel 5 desa, Baturiti 3 desa, Kediri 1 desa dan Kerambitan 1 desa. 3 Desa yang PAW adalah Desa Belimbing Kecamatan Pupuan, Desa Pitra Penebel dan Desa Perean Tengah Kecamatan Baturiti. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER