Darmayasa Ditunjuk Sebagai Pejabat Perbekel Kedisan

  • 03 November 2015
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2936 Pengunjung

Gianyar,suaradewata.com-Bupati Gianyar isi kekosongan Pejabat Perbekel Kedisan pasca berakhirnya masa jabatan Pejabat Perbekel, I Gusti Ngurah Oka (63), Senin, 2 Nopember 2015 lalu. Pemkab Gianyar menunjuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) asal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Gianyar, I Wayan Darmayasa (46) sebagai Pejabat Perbekel Kedisan yang akan menjabat setahun hingga 3 Nopember 2016 mendatang. Hal tersebut terungkap saat Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Kabupaten Gianyar, I Ketut Suastika menyerahan SK Bupati Gianyar, No.997/ 01-B/HK/2015 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Perbekel Desa Kedisan, di Kantor Desa Kedisan, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, Selasa, (3/11).

Kabag Pemdes, I Ketut Suastika saat menyerahkan SK didampingi, Kepala Badan Kesbangpolinmas, I Ketut Artawa, Kepala BKD Gianyar, I Made Suradnya dan jajaran pejabat tekait di lingkungan Pemkab Gianyar, serta dihadapan Sekdes, Kaur desa serta disaksikan aparat Kepolisian.  I Ketut  Suastika mengatakan penggantian Pejabat Perbekel ini sudah sesuai dengan aturan. Karena masa Jabatan Pejabat Perbekel Kedisan, I Gusti Ngurah Oka sudah berakhir, sehingga sudah sepatutnya dilaksanakan pergantian. Penunjukan ini juga disesuaikan dengan UU No. 06 tahun 2014 tentang Desa. 

I Gusti Ngurah Oka sudah tiga kali berturut-turut ditunjuk BPD dan ditetapkan bupati sebagai pejabat perbekel. Menurut peraturan sudah seharusnya melaksanakan Pemilihan perbekel, namun karena berbagai situasi, pemilihan tersebut belum bisa dilaksanakan. Sehingga Bupati Gianyar menunjuk, I Wayan Darmayasa yang masih menjabat sebagai Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Bidang Pendidikan Menengah SMA dan SMK Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Gianyar sebagai Pejabat Perbekel, menggantikan, I Gusti Ngurah Oka. Acara serah terima SK tersebut berlangsung sederhana, tidak ada kegiatan ceremonial dan sejenisnya. “Namun hal tersebut tidak mengurangi makna kegiatan,” terang, Suastika.

Pejabat Perbekel Desa Kedisan yang baru akan bertugas selama setahun, dalam tugasnya pejabat tersebut akan mempersiapkan segera pemilihan perbekel (Pikel). Diketahui, sebelumnya, I Gusti Ngurah Oka merupakan Perbekel satu periode yang telah habis masa jabatannya tahun 2012 silam. Namun, sebelum dilantik, BPD Desa Kedisan melalui camat mengajukan Pejabat Perbekel untuk mengisi jabatan perbekel yang kosong dan ditetapkan dengan SK Bupati. Pihak Desa Kedisan dan BPD selalu menunjuk, I Gusti Ngurah Oka selaku mantan perbekel dan juga pemenang Pikel tahun 2012 sebagai Pejabat Perbekel selama tiga tahun berturut-turut. “Atas jasa tersebut, Pemkab Gianyar sangat berterimakasih kepada, I Gusti Ngurah Oka, “ imbuhnya.

Sementara menanggapi pergantian tersebut, I Gusti Ngurah Oka sudah menerima dengan tulus dan legowo pergantian tersebut. Diakui sebelumnya sempat kecewa atas keputusan Pemkab Gianyar yang tidak segera melantiknya selaku pemenang Pikel tahun 2012 dengan suara mutlak. “Sebelumnya saya sangat kecewa dan marah atas keputusan Pemkab Gianyar, sehingga berbagai cara saya tempuh agar bisa dilantik, namun setelah diberikan penjelasan, saya mulai paham dan legowo menerima keputusan Pemkab Gianyar,” terang, I Gusti Ngurah Oka.  

Senada yang diungkapkan, Pejabat Perbekel Kedisan, I Wayan Darmayasa kalau dirinya sangat terkejut saat dipanggil Bupati Agung Bharata. Dirinya tidak tahu kalau ditugaskan menjadi Pejabat Perbekel Kedisan, namun tugas tersebut akan tetap dilaksanakan dan  berusaha maksimal menjalankan tugas yang diemban. Ia yakin akan bisa bertugas karena sebelumnya sudah pernah bertugas di Kantor Camat Tegallalang. “Saya juga selalu akan mohon bantuan serta bimbingan Pemkab Gianyar, tokoh masyarakat Kedisan dan bapak, I Gusti Ngurah Oka,” terang, Darmayasa.gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER