Gubernur Bali Minta Pemuda Perkuat Wawasan Kebangsaan

  • 30 Oktober 2015
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 2711 Pengunjung

Denpasarsuaradewata.com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika, meminta kepada para pemuda di seluruh Indonesia khususnya di Bali, untuk memperkuat pembauran dan wawasan kebangsaan. Hal tersebut sangat penting, guna memantapkan nilai-nilai perjuangan bangsa yang masih relevan dalam memecahkan setiap permasalahan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Pastika, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta saat membuka secara resmi acara Gelar Apresiasi Pemuda Bali 2015, di Gedung Pemuda KNPI Bali, Jumat (30/10). Acara ini dimotori oleh DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bali.

Menurut Gubernur Pastika, wawasan kebangsaan sangat diperlukan oleh suatu bangsa dari suatu negara yang memiliki kemerdekaan dan kedaulatan seperti Indonesia. Sebab dengan wawasan kebangsaan, mampu mendudukkan suatu bangsa pada kedudukan yang sejajar dengan bangsa lain.

"Dengan wawasan kebangsaan akan menyadarkan warga negara terhadap pentingnya arti kehidupan bersama atas dasar persamaan hak dan kewajiban dihadapan hukum, serta sebagai pembentukan tata pandang yang sehat dan wajar mengenai masa depan bangsa," urai mantan Kapolda Bali itu.

Ia menambahkan, wawasan kebangsaan yang kuat diawali dengan menguatnya rasa kebangsaan para pemuda yang mendarah daging dan melahirkan paham berbangsa dan semangat kebangsaan yakni Bangsa Indonesia.

Sementara Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan KNPI Bali ini sangat bagus dalam mendorong semangat dan kreativitas para pemuda Bali dalam menyongsong pembangunan yang berkelanjutan. Selain itu, di era globalisasi saat ini, generasi muda wajib memiliki sikap Bela Negara serta harus memahami 4 Konsensus Negara yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

Keempat konsensus tersebut, kata dia, wajib ditanamkan kepada generasi muda sejak dini. Sebab, para penerus bangsa ini memiliki kewajiban sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

"Saya berharap, kegiatan KNPI yang positif dalam medorong semangat para pemuda dapat terus dilaksanakan, sehingga para pemuda Bali khususnya, memiliki semangat juang tinggi dalam Bela Negara," tegas Sudikerta.

Adapun Ketua Panitia Ni Putu Suariani, dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian acara memperingati Sumpah Pemuda 28 Oktober 2015. Karena itu, Gelar Apresiasi Pemuda ini mengambil tema 'Dengan Semangat Sumpah Pemuda Kita Laksanakan Revolusi Mental Guna Membangun Pemuda Yang Berkarakter, Berkapasitas dan Berdaya Saing'.

Gelar Apresiasi Pemuda ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu 30-31 Oktober 2015, di area Gedung Pemuda KNPI Bali. Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan berbagai kompetisi. Di antaranya Lomba Mewarnai Kategori TK, Lomba Pidato Kategori SMA, Lomba Fotografi Kategori SMA, SMK dan Umum. Adapula kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis, pameran buku serta kegiatan lainnya.san


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER